Salah satu Program Prioritas Bupati/Wabup mendapat penghargaan dari Wapres

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas keberhasilan Pemkab Samosir mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan (UHC) dengan pemberian BPJS kepada masyarakat Kabupaten Samosir.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas keberhasilan Pemkab Samosir mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan (UHC) dengan pemberian BPJS kepada masyarakat Kabupaten Samosir.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir, sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. Terhitung sejak awal tahun 2023, sebanyak 139.048 jiwa (97,7%) telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk Kabupaten Samosir (142.318 jiwa).

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Samosir telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Pencapaian UHC di Kabupaten Samosir merupakan salah satu wujud pencapaian visi/misi Bupati dan Wakil Bupati Samosir yaitu ‘Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat Secara Ekonomi, Pendidikan, dan Kesehatan’.

Keberhasilan UHC itu berkat dukungan program Bupati Samosir yang pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis kepada masyarakat tidak mampu. Hal ini juga tertuang dalam 10 Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Samosir. Yaitu pemberian bantuan iuran Jaminan Kesehatan atau BPJS gratis. Dengan program tersebut, percepatan UHC di Kabupaten Samosir tercapai.

Bangga

Vandiko T Gultom mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di Kabupaten Samosir. Katanya, pencapaian tersebut tidak terlepas dari komitmen dan keseriusan mewujudkan visi/misi. Serta kerjasama yang baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar yang telah bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Samosir bisa terjamin ke dalam Program JKN.

Ke depan, Vandiko menegaskan akan terus memastikan bahwa seluruh penduduk Kabupaten Samosir memiliki BPJS. Sehingga secara keseluruhan dapat mengakses fasilitas kesehatan. Memastikan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang sudah baik dapat ditingkatkan lagi. Dan kepada setiap tenaga kesehatan agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat peserta JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Samosir maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Samosir tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN,” ucap Vandiko.

Bupati Samosir mengimbau masyarakat Samosir peserta JKN terutama pada segmen mandiri, bisa membayar iuran rutin tepat waktu setiap bulannya.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment