Percepat Penyerapan APBDes, Bupati Batubara Harapkan Sinergitas Pemdes dan BPD

Guna mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam upaya membangun desa di Kabupaten Batubara, perlu sinergitas antara pemerintah desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

topmetro.news – Guna mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam upaya membangun desa di Kabupaten Batubara, perlu sinergitas antara pemerintah desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyampaikan hal itu saat menghadiri sosialisasi percepatan penyerapan APBDes TA 2023. Kegiatan berlangsung di Aula Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Selasa (14/3/2023).

“Pemerintah desa dengan BPD harus saling bersinergi. Menjalin komunikasi yang baik. Bekerjasama dan bermusyawarah guna membangun desa di Kabupaten Batubara,” ungkap Bupati Zahir.

Sementara itu Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batubara Radyansyah F Lubis mengatakan kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada seluruh penyelenggara pemerintahan desa, bahwa telah diundangkan regulasi baru yang mengatur pengelolaan keuangan desa tahun 2023.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan oleh Pemkab Batubara untuk menciptakan keharmonisan antara kepala desa, BPD, perangkat desa, dan TP-PKK desa dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa,” ujar Radyansyah

Ada pun yang menjadi narasumber/fasilitator pada sosialisasi tersebut yakni Bupati Zahir. Kemudian, Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes. Serta, Kejaksaan Negeri Batubara dan perwakilan Dandim 0208 Asahan.

Bupati Zahir mengatakan hadirnya para narasumber untuk membantu permasalahan tidak lancarnya penyerapan dana desa antara kepala desa dengan BPD

“Bersama Kapolres, Dandim, dan Kajari duduk bersama membantu ini. Karena sudah masuk triwulan pertama dan harus cepat terselesaikan. Karena ini tanggung jawab kita bersama,” tegas Bupati Zahir.

Turut serta pada kegiatan ini, perwakilan DPRD Batubara Citra Muliadi Bangun. Kemudian ada Ketua TP PKK Batubara Hj Maya Indriasari Zahir SE dan Ketua TP PKK kecamatan dan desa se-Batubara. Lalu para camat dan kepala desa se-Kabupaten Batubara.

reporter | Bimais Pasaribu

Related posts

Leave a Comment