Catat! Jokowi & Keluarga ke Eropa Pakai Uang Pribadi

jokowi dan keluarga

TOPMETRO.NEWS – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Turki dan Jerman menjadi sorotan warga net. Bukan materi kedinasan yang akan menjadi bahasan, melainkan ikutnya keluarga, dan menantu presiden dalam rombongan. Banyak pihak menilai, hal itu tidak pantas karena menghamburkan uang negara.

Dalam kunjungan ke Eropa itu, Presiden Jokowi mengajak Ibu Negara Iriana, dan ketiga anaknya. Yakni, Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Menantu yang merupakan istri Gibran, Selvi Ananda juga diajak. Begitu juga dengan anak Gibran-Selvi, Ethes yang baru berumur setahunan.

Pihak Istana Negara menjelaskan ikut sertanya keluarga presiden tidak membebani uang negara. Sebab, anak, menantu, dan cucu presiden itu pergi menggunakan anggaran pribadi.

Niat itu, disampaikan ke Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna Senin, 3 Juli 2017 di Istana Merdeka.

Dalam arahannya, presiden menegaskan seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga ke Turki dan Jerman dari 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Jokowi.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan resminya juga membeberkan sejumlah hal.

”Selama penerbangan keluarga presiden berada di bagian kompartemen yang selama ini hanya diperuntukkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keberadaan anggota keluarga Presiden Jokowi tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden,’’ tulis Bey. (tmn)

Related posts

Leave a Comment