Jalan dan Jembatan Jadi Kendala Pelabuhan Palimbungan Ketek Batahan

Camat Batahan Irsyal Pariadi mengharapkan Pelabuhan Palimbungan Ketek Batahan agar segera beroperasi. Harapan itu ia sampaikan kepada Kepada Staf Khusus (Stafsus) Bupati Irwan H Daulay SPd yang melakukan tinjauan lapangan ke Pelabuhan Palimbungan Ketek Batahan, Kamis (16/3/2023).

topmetro.news – Camat Batahan Irsyal Pariadi mengharapkan Pelabuhan Palimbungan Ketek Batahan agar segera beroperasi. Harapan itu ia sampaikan kepada Staf Khusus (Stafsus) Bupati Irwan H Daulay SPd yang melakukan tinjauan lapangan ke Pelabuhan Palimbungan Ketek Batahan, Kamis (16/3/2023).

“Saat ini memang secara fisik Pelabuhan Palimbungan Ketek sudah siap beroperasi. Hanya saja, akses-aksesnya baik jalan maupun jembatan yang masih menjadi kendala,” ujarnya.

Irsal Pariadi yang merupakan camat putra asli Kecamatan Batahan tersebut juga mengungkap bahwa akses jalan memang sudah ada bantuan dari PTPN IV. Namun masih ada jembatan panjang sekitar 120 meter sebagai akses masyarakat menuju pelabuhan yang harus bisa segera terbangun.

“Jembatan yang harus segera dibangun ini diperkirakan sepanjang 120 meter dan jembatan ini dianggap cukup penting bagi masyarakat untuk akses ke pelabuhan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Palimbungan Ketek merupakan salah satu pelabuhan dengan ‘jetty’ cukup panjang. Dan desain pelabuhan ini memang khusus untuk industri.

“Kapal yang bisa bersandar itu kurang lebih panjangnya 68 meter, baik kapal tanker maupun kapal cargo. Apabila nantinya pelabuhan ini telah beroperasi, saya yakin perekonomian masyarakat di sekitar pelabuhan akan membaik. Dan bahkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Batahan pun semakin meningkat,” tandasnya.

Tokoh Madina

Usai mendengar keluh kesah Camat Batahan, selanjutnya Irwan H Daulay menjelaskan bahwa, penyelesaian pembangunan Pelabuhan Palimbungan Ketek ini juga sudah ada pengajuan oleh Tim Percepatan Pembangunan (TP2D) ke Kementrian Perhubungan melalui tokoh-tokoh Madina di Jakarta.

“Salah satu yang diajukan oleh Bupati dan Wakil Bupati dalam pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu, salah satunya adalah penyelesaian Pelabuhan ini. Dan saat pertemuan itu, Bupati dan Wakil Bupati dalam paparannya sudah menyampaikan apa-apa saja yang menjadi kendala dalam penyelesaian pelabuhan ini,” tuturnya.

Irwan juga menyampaikan kepada Camat Batahan untuk segera melaporkan temuan-temuan kunjungan ini ke Bupati dan Wabup Madina. Sehingga segera ada solusi penyelesaian, agar Pelabuhan Palimbungan segera bisa beroperasi.

“Saya sudah lihat kondisi lapangan baik akses jalan dan jembatan yang menjadi kendalanya. Dan sepulang saya ini, saya juga akan melaporkannya ke Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati. Dengan Harapan agar pelabuhan ini segera terealisasi dan segera beroperasi,” ucap Irwan Daulay.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment