Raih 64,8 Persen Suara, Robinson Sitorus ‘Mengusai’ Polling Pilkada Toba, Netizen: Sesuai Keinginan Rakyat

Sebuah lembaga survei melalui 'PollingKita.com', menggelar survei bertajuk, 'Siapakah Calon Bupati Toba 2024-2029 yang Layak Menurutmu?'. Hasilnya memunculkan nama Robinson Sitorus, sebagai pemuncak, dengan hasil sangat signifikan, mencapai 64,8 persen.

topmetro.news – Sebuah lembaga survei melalui ‘PollingKita.com’, menggelar survei bertajuk, ‘Siapakah Calon Bupati Toba 2024-2029 yang Layak Menurutmu?’. Hasilnya memunculkan nama Robinson Sitorus, sebagai pemuncak, dengan hasil sangat signifikan, mencapai 64,8 persen.

Robinson Sitorus (Dr Robinson Sitorus SH MH MM-red) sendiri dikenal sebagai mantan Kajari Toba. Dan saat ini ia menjabat sebagai Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Riau.

Sementara bupati petahana, yakni Poltak Sitorus hanya menduduki peringkat 5 dengan perolehan 2,4 persen. Kemudian menyusul mantan Bupati Toba, Darwin Siagian di posisi 6 dengan perolehan 2,3 persen

Ada tujuh nama yang muncul dalam polling yang sudah berlangsung sejak Hari Kamis, 2 Februari 2023 tersebut. Antara lain, Panahatan Hutajulu, Poltak Sitorus, Darwin Siagian, Tonny Simanjuntak, Charles Sirait, Robinson Sitorus, dan Effendi Napitupulu.

Ada pun hasil lengkap polling adalah:

  • Robinson Sitorus 1.123 suara (64,8%)
  • Effendi Napitupulu 259 suara (14,9%)
  • Charles Sirait 184 suara (10,6%)
  • Tonny Simanjuntak 47 suara (2,7%)
  • Poltak Sitorus 41 suara (2,4%)
  • Darwin Siagian 40 suara (2,3%)
  • Panahatan Hutajulu 40 suara (2,3%)
  • Total 1.734 suara.

Polling tentang ‘Siapa kah Calon Bupati Toba 2024-2029 yang Layak Menurutmu?’ ini sudah berlangsung sejak, Hari Kamis, 2 Februari 2023, pukul 13.46 WIB.

Polling memiliki tujuh opsi jawaban dan sejauh ini, sudah menerima 1.734 suara.

Setiap netizen yang ingin berpartisipasi dalam polling ini hanya boleh membuat pilihan sekali saja. Ada pun pemeriksaan duplikasi berdasarkan pada alamat IP pemilih.

Pembuat polling juga membuat penegasan, bahwa mereka tidak mentolerir setiap kecurangan yang ada. Serta akan menganulir semua suara yang berindikasi dilakukan oleh bot.

Keinginan Rakyat

Menanggapi hasil ini, beberapa netizen pun mengutarakan respon melalui kolom komentar yang ada pada survei. Di mana pada umumnya mendukung dan sepakat dengan hasil polling yang mengunggulkan Robinson Sitorus itu.

Menurut mereka, perolehan suara mantan Kajari Toba tersebut di survei ini memang sesuai keinginan masyarakat Toba. Dan mereka rata-rata yakin, apabila nantinya benar-benar maju di Pilkada Toba, maka hasilnya tidak jauh berbeda.

Di antara netizen yang menyampaikan respon adalah akun ‘Gusniwati Wati’. Ia menyebut Robinson Sitorus orang yang tegas dan berintegritas. Kemudian akun ‘Erry Bahar1210’ menuliskan, “Mempunyai visi dan misi yang bagu untuk kemajuan kabupaten toba.”

“Robinson Sitorus BerToba Bertanggungjawab, Tegas, Orientasi kpd masyarakat, Berani dan Adaptif,” tulis akun ‘Satria Novpatra’.

Sedangkan akun ‘Ian Tanjung’ membuat pengakuan, bahwa ia kenal Robinson Sitorus dari kecil. Menurutnya, dari dulu Robinson Sitorus sudah tegas dan kelihatan bakat memimpinnya. “Memang cocok, saatnya memimpin Toba Samosir,” tulisnya.

Tanah Adat Toba

Selanjutnya akun ‘Tony Siregar’ mengungkapkan kerinduannya akan munculnya pemimpin yang melindungi Tanah Adat Masyarakat Toba.

“Horas masyarakat Kabupaten Toba Nungnga Tung Masihol Hita jumpangan Uluan(Pemimpin) na peduli melindungi Tanah Adat masyarakat Toba, Robinson Sitorus Mantan Kejari Toba, Sangat Tepat untuk menyelesaikan Permasalahan Tanah Adat Toba , Tegas dan Ahli Hukum mampu berantas Mafia Tanah,” tulisnya.

Dukungan serupa muncul dari akun ‘Chairani Rani’ yang menuliskan, “Bapak Robinson Sitorus Calon Bupati Toba Samosir,,Semoga Amanah.”

Kemudian akun ‘Yerikho Butar butar’ menuliskan, “Horas Toba.bpk Robinson Sitorus sangat cocok menjadi bupati kab.Toba harapan masyarakat Toba umum nya dpt terwujud dgn bpk menjadi Bupati kab.Toba,yg mampu menyelesaikan masalah yg ada di Toba dan lebih memperhatikan masyarakat yg membutuhkan bantuan ,baik hukum dan lain nya.kab Toba pasti lebih baik.”

Selain Robinson Sitorus, beberapa nama lain juga mendapat dukungan. Misalnya akun ‘Ralwin Lumbantoruan Sihombing’ mendukung Charles Sirait.

“Charles Sirait orang yang paling pas memimpin kabupaten Toba periode 2024-2029. Orang nya cerdas, tulus, jujur, rendah hati, dekat dengan rakyat, pengalaman memimpin beberapa perusahaan nya, pernah menjadi man of the year di sebuah majalah, dll,” tulisnya.

Sedangkan akun ‘Bernard Situmorang Liberty’ menyebut Charles Sirait sosok yang cocok memimpin Toba. “Charles Sirait sosok yg cocok memimpin Kabupaten Toba. Mengenal dan menguasai wilayah, kultur budaya, dan tantangan setempat, sehingga mampu memberikan perubahan dan pertumbuhan positif bagi masa depan Kabupaten Toba. Selamat dan sukses, horas!!!”

Akun ‘HolanLogu Batak’ menyatakan dukungannya kepada Parlaungan Simangunsong yang menurutnya jauh lebih pantas dari semua calon yang ada dalam pilihan. “Putra Daerah asli. Tahu persis apa yang dibutuhkan raktat di Tobasa. Memberi tanpa Pamrih dan melayani sepenuh hati,” tulisnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

0 Thoughts to “Raih 64,8 Persen Suara, Robinson Sitorus ‘Mengusai’ Polling Pilkada Toba, Netizen: Sesuai Keinginan Rakyat”

  1. Robert

    Harapan masyarakat Toba: agar pemimpin Toba ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau pendapatan masyarakatnya, hingga kini masyarakat Toba pekerjaannya bertani. Para petani ini yg harus meningkat pendapatannya, agar mereka taraf kehidupannya menjadi lebih baik; sdh beberapa kali terjadi pergantian para bupati tapi masih nihil mereka meningkatkan kesejahteraan para petani. Tidak pernah berguna para bupati-bupati selama ini.

Leave a Comment