Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Jamin Ketersediaan Daging Sapi Selama Ramadan

Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Jamin Ketersediaan Daging Sapi Selama Ramadan

topmetro.news Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, mencatat untuk ketersediaan stok daging sapi di Sumut ini, selama bulan Suci Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, aman dengan kebutuhan konsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut, Ir.Lies Handayani Siregar M.MA menjelaskan kebutuhan daging sapi pada bulan Maret 2023, sebesar 1.272 ton dan kebutuhan April 2023, sebesar 1.367 ton.

“Ketersediaan (stok) bulan Maret 1.532 ton dan ketersediaan bulan April 1.532 ton,” ucap Lies kepada wartawan, Senin (27/3).

Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daging, Lies mengungkapkan Sumut juga mengimpor daging beku sapi. Hal ini, tetap perlu untuk memenuhi kebutuhan daging dengan spesifikasi atau kreteria tertentu, yakni medium high grade.

“Target produksi ternak tahun 2023 ini, sebesar 17.149,75 ton atau naik 2,9 persen dari tahun 2022, 16.650 ton,” jelas Lies.

Lies mengatakan dalam mencapai target yang telah ditetapkan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut melaksanakan beberapa program kerja yaitu, program pengembangan dan pelaksanaan sistem manajemen mutu Benih/Bibit ternak dan tanaman pakan ternak, dan bahan pakan.

Kemudian, program Pengendalian penyediaan dan produksi benih/bibit ternak dan hijauan pakan ternak. Program Perencanaan pengembangan prasarana, kawasan.

“Komoditas pertanian strategi yang dilaksanakan dalam pencapaian target tersebut antara lain, peningkatan kompetensi peternak dalam hal budidaya ternak. Melalui pembinaan dan pelatihan kelompok, peningkatan jumlah petugas penyuluh,” kata Lies.

Selanjutnya, Peningkatan populasi temak melalui penyebaran termak ke Kabupaten/Kota. Peningkatkan kualitas dan kuantitas pakan/bahan pakan melalui pemeriksaan langsung ke lapangan.

“Distribusi sarana dan prasarana pendukung produktivitas ternak seperti chopper, fasilitasi pabrik pakan mini, hammer mill, viar dan HPT,” kata Lies.

Lies menambahkan pihaknya tengah menjalani program inseminasi sapi tahun 2023 ini, dengan target 150.000 ekor.

penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment