Racun Ikan Fugu Inilah Diduga Tewaskan Kim Jong-Nam

ikan fugu
Advertisement

TOPMETRO.NEWS – KIM Jong-Nam tewas diduga akibat diracuni beberapa waktu lalu. Kemungkinan besar racun yang digunakan yakni berasal dari kandungan tetradotoxin yang ada di dalam tubuh ikan fugu.

Dilansir spiritriau, sesaat lalu, tetrodotoxin merupakan racun yang sangat kuat ditemukan terutama di organ hati dan bagian gonad ikan fugu. Bahkan, ada pula di dalam daging kerang atau gurita.

Ikan itu sangat cepat meracuni manusia dengan cara mengganggu transmisi sinyal dari saraf ke otot dan menyebabkan kelumpuhan. Akibatnya pun bisa fatal yang mengarah ke kematian.

Orang yang keracunan tetrodotoxin mungkin memiliki golden period yang cepat antara 10 sampai 45 menit. Atau bisa ditunda hingga tiga sampai enam, namun sangat jarang.

Umumnya, orang akan mengalami kematian sedini mungkin sekira 20 menit atau 24 jam setelah terjadi paparan racun. Namun, rata-rata korban meninggal dunia kurang dari waktu empat jam setelah keracunan.

Adapun gejala yang dapat berlangsung saat orang keracunan tetrodotoxin yaitu dapat mengganggu transmisi sinyal dari saraf ke otot, dengan menghambat saluran natrium.

Hal ini menyebabkan melemahnya cepat dan kelumpuhan otot, termasuk gangguan saluran pernapasan. Akibatnya nyawa orang tidak tertolong dalam waktu cepat.

Tapi sebelum itu, orang akan mengalami mati rasa atau kesemutan di bagian kepala, bibir, lidah, berkeringat deras, diare, mual, muntah, sulit bergerak, hingga otot lemas.

Selanjutnya terjadilah gangguan otot pernapasan; yang mengakibatkan orang sulit bernapas atau sesak napas, irama jantung abnormal, tekanan darah rendah, dan kejang.

Jika tidak segera ditolong, pasien akan mengalami koma hingga berhari-hari. Atau langsung menimbulkan kematian tanpa ada keluhan sedikitpun. (spi)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment