Kunjungi Asahan, Baskami Sahuti Permintaan Bupati Terkait Perbaikan Simpang Catarina

Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asahan, Selasa (4/4/2023).

topmetro.news – Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Asahan, Selasa (4/4/2023).

Pada kunjungan tersebut Baskami didampingi Badan Anggaran DPRD Sumut dan diterima langsung oleh, Bupati Asahan Surya BSc, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar, Sekda, beserta seluruh Organisasi Perangkat Daerah.

Baskami mengatakan, pihaknya telah mendengar penyampaian dari Pemkab Asahan, mengenai kondisi jalan provinsi yang rusak menuju pintu tol, Indrapura-Kisaran.

“Ada pun jalan provinsi tersebut yaitu Simpang Catarina sepanjang 5 kilometer menuju pintu tol. Kami akan minta Dinas PU Pemprov segera memperbaikinya. Kita upayakan, agar tahun 2023 ini selesai,” katanya.

Terkait perbaikan tersebut, lanjut Baskami, pihaknya akan memastikan, proyek tersebut berada dalam anggaran peningkatan jalan provinsi dalam anggaran multiyears Rp2,7 trilyun.

“Bersama Komisi D Provinsi, PUPR juga pelaksana dan pemkab, ada baiknya duduk kembali, membahas ini dalam waktu dekat. Agar realisasinya dapat segera terlaksana,” tambahnya.

Sementara itu di lain pihak, Surya BSc menyampaikan, sebagian masyarakat Asahan telah menyampaikan aspirasi terkait jalan tersebut di hadapan Gubernur Sumut.

“Pada Hari Jadi Asahan, kami mempertemukan perwakilan masyarakat bersama Bapak Gubernur mengenai perbaikan jalan sepanjang 5 kilometer ini. Bapak Gubernur langsung menghubungi Kadis PU untuk menanyakan progresnya,” jelasnya.

Menurut Surya, keberadaan Jalan Simpang Catarina yang menghubungkan Bandar Pasir Mandoge, Asahan, Simalungin hingga Pematang Siantar ini sangat vital.

“Kondisi jalan yang memprihatinkan. Karena itu jalan provinsi bukan kabuapaten. Menghubungkan antara Asahan, Simalungun, dan Siantar. Maka kami berharap agar perbaikan itu terlaksana,” jelasnya.

Selain itu, Surya mengungkapkan harapannya, kunjungan Ketua DPRD Sumut kali ini, dapat membawa angin segar untuk pembangunan Kabupaten Asahan.

Selain persoalan Simpang Catarina, lanjut Surya, pihaknya mengharapkan peningkatan dana bagi hasil dan bantuan keuangan provinsi ke daerahnya.

“Kedatangan Bapak Ketua beserta jajaran Banggar kami kira sangat positif. Terutama meningkatkan potensi terkait dana bagi hasil dan bantuan keuangan daerah,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment