Samosir Diguncang Gempa Berkekuatan 5,2 SR

TOPMETRO.NEWS – Sebagian wilayah di Sumatera Utara diguncang Gempa tektonik berkekuatan 5,2 skala richter. Informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, pusat gempa berada di 2.67 LU dan 98.85 BT.

“Berdasarkan pemantauan pusat gempa bumi dan tsunami, titik gempa berada di darat pada jarak 8 kilometer arah Timur Laut Samosir pada kedalaman hiposenter 152 kilometer,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Selasa (11/7).

Syahnan menjelaskan, dampak gempa bumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (shakemap) BKMG terlihat bahwa wilayah berpotensi terdampak goyangan lemah antara lain, Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang dan Sibolga. Dari analisis BMKG menjelaskan, bahwa gempa bumi ini disebabkannya oleh aktivitas subduksi lempeng Eurasia dengan hiposenter 152 kilometer.

“Karena hiposenter yang berada pada kedalaman 152 kilometer, maka gempa bumi ini disebut sebagai gempa bumi menengah. Lalu, meskipun gempa bumi berpusat di darat, namun peristiwa ini tidak berpotensi merusak,” ungkap Syahnan sembari menyebutkan hingga pukul 09.00 WIB pagi tadi, belum terpantau adanya gempa susulan.

Dihimbau kepada masyrakat di Sumatera Utara agar tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan isu-isu yang menyesatkan.(TM/REL)

Related posts

Leave a Comment