Ijeck dan GM PLN UID Sumut Komit Optimalkan Jaringan Kelistrikan

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah berharap, sinergi PLN dan Pemprovsu dalam mengoptimalkan jaringan kelistrikan di Sumatera Utara terus berlangsung.

topmetro.news – Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah berharap, sinergi PLN dan Pemprovsu dalam mengoptimalkan jaringan kelistrikan di Sumatera Utara terus berlangsung.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan General Manager PLN UID (Unit Induk Distribusi) Sumatera Utara (Sumut) Awaluddin Hafid. Kunjungan itu berlangsung, Senin (17/4/2023), di Rumah Dinas Jabatan Wagub, Jalan Teuku Daud Medan.

“Kami ucapkan selamat datang dan bertugas kembali di Sumatera Utara untuk Bapak Awaluddin. Dan kita berharap PLN dan Pemprov Sumut dapat terus bersinergi dalam berbagai program pelayanan kelistrikan bagi masyarakat,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Ijeck mengaku masih ada daerah-daerah terpencil di Sumut yang belum teraliri listrik. Bahkan ada beberapa desa wisata yang juga belum memiliki layanan listrik yang memadai. Di antaranya Kampung Ulos Hutaraja, Pengururan, dan beberapa daerah di Nias.

“Masalahnya yang sering terjadi, contohnya di Nias itu sering mati lampu. Katanya karena dampak dari pepohonan atau tanaman yang berada di dekat jaringan listrik. Kalau bisa masalah-masalah seperti ini tidak terjadi lagi, apalagi itu daerah wisata,” ujar Wakil Gubernur Sumut ini.

Pemprovsu, lanjutnya juga memiliki program penyambungan ‘Bantuan Pasang Baru Listrik’ (BPBL) kepada 4.925 keluarga kurang mampu di 23 kabupaten/kota di Sumut. “Kita harap dukungan dari PLN Sumut untuk menyelesaikan program ini secara maksimal,” harapnya.

Menanggapi hal ini, GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid menyampaikan pihaknya siap bersinergi untuk memberikan pelayanan kelistrikan secara optimal kepada masyarakat di Sumut.

“Kita juga punya program untuk menjangkau wilayah yang belum teraliri listrik dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau-pulau kecil di Sumatera Utara, di antaranya Nias,” katanya.

Hadirnya PLTS di pulau terpencil ini, lanjutnya menunjukkan komitmen PLN untuk mengoptimalkan jaringan kelistrikan di Sumut sekaligus penggunaan sumber listrik ramah lingkungan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment