Panglima TNI Sambut WNI yang Dievakuasi dari Sudan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono SE MM menyambut Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan di Bandara Soekarno-Hatta. Jakarta. Jumat (28/4/2023).

topmetro.news – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono SE MM menyambut Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan di Bandara Soekarno-Hatta. Jakarta. Jumat (28/4/2023).

Para WNI itu berangkat dari Jeddah menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA 991.

Pada sorti pertama ini, jumlah WNI yang berhasil dievakuasi sebanyak 385 orang dan di antaranya 43 anak-anak. Mereka terdiri dari 137 laki-laki dan 248 perempuan. Pada kesempatan penjemputan tersebut Panglima TNI hadir bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Rencananya, masih ada dua sorti berikutnya dalam evakuasi WNI. Menurut jadwal, sorti kedua berangkat dari Jeddah tanggal 29 April 2023 dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Selanjutnya sorti ketiga pada tanggal 30 April 2023 berangkat menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737-400.

Dalam kesempatan tersebut Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa dalam evakuasi perlu melihat situasi di lokasi. Karena pangkalan udara merupakan lokasi strategis yang biasanya dalam perang akan menjadi salah satu target. Sehingga proses evakuasi juga harus menunggu jadwal saat aman dan pengaturan jadwal penerbangan dengan negara-negara lain.

“Semoga kita bisa mengevakuasi dua sorti lagi dan hari ini mudah-mudahan 115 orang bisa kelar dan semuanya berjalan lancar serta bisa kembali ke Indonesia dengan selamat,” ucapnya.

Penjemputan WNI di Sudan ini merupakan salah satu tugas pokok TNI untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan Tumpah Darah Indonesia dari ancaman dan gangguan di mana pun mereka berada.

sumber | Puspem TNI

Related posts

Leave a Comment