Meriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59, Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Gelar Pekan Olahraga

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematang Siantar Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar acara Puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59, Rabu (3/5/2023).

topmetro.news – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pematang Siantar Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar acara Puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59, Rabu (3/5/2023).

Dalam acara puncak memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 itu, Lapas Kelas IIA Pematang Siantar juga melaksanakan syukuran Halalbihalal Idul Fitri 1444 H/2023 dan pelepasan pegawai lapas yang sudah memasuki masa purnabakti.

Rangkaian acara HBP ke-59 Tahun 2023 ini sebenarnya sudah dimulai pihak Lapas Kelas IIA Pematang Siantar dari beberapa minggu yang lalu, dari persiapan hingga sampai hari ini yang dimaksudkan sebagai acara puncak peringatan HBP ke-59.

Rangkaian kegiatan HBP ke-59 di Lapas Kelas IIA Pematang Siantar diawali dengan dibukanya PORSENAP (Pekan Olahraga Narapidana) di mana dalam pekan olahraga tersebut, Warga Binaan (WBP) bertanding melawan petugas.

Kemudian ada acara One Day One Prison’s Produck, Pemasyarakatan Bersih, Seminar Pemasyarakatan Safari Ramadhan, ziarah/tabur bunga di Makam Pahlawan, Lomba MTQ Warga Binaan, Touring Pemasyarakatan Peduli, Razia Gabungan Bersama Penegak Hukum TNI, Polri, dan BNN, serta Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59.

Dalam sambutannya, M Pitra Saragih selaku kalapas Kelas IIA Pematang Siantar menyampaikan, acara syukuran serta halal bihalal pada Idul Fitri 1444H tahun ini, dapat mempererat rasa kekeluargaan, sekaligus menjaga keeratan ikatan tali silahturahmi dengan para purnabakti.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja kita semua serta berharap Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Ini,dapat menjadi penyemangat bagi kita di usia pemasyarakatan yang tidak muda lagi. Kita harus mempertahankan sekaligus meninggkatkan kualitas kinerja kita,” ucap Pitra Jaya.

Dengan dirangkaikan acara pelepasan purnabakti dalam acara puncak HBP ke-59 Ini, Pitra Jaya juga berpesan bahwa setiap purnabakti tetaplah bagian dari Keluarga Besar Pemasyarakatan, meskipun telah menyelesaikan masa baktinya.

Dalam acara Puncak HBP ke 59 yang sekaligus sebagai syukuran serta Halalbihalal ini, turut hadir Ibu-ibu PIPAS dan DWP Lapas Kelas IIA Pematang Siantar.

Guna menjaga tertib dan lancarnya pelaksanaan rangkaian kegiatan yang sedang berlangsung, Kalapas Pitra Jaya Saragih juga mengarahkan petugas PAM (Pengamanan) di bawah komando Ka KPLP Raymon Girsang untuk fokus dalam mengidentifikasi dan mengantisipasi kerawanan yang mungkin saja timbul.

KPLP Raymon Girsang senantiasa dalam kewaspadaan serta melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan guna menciptakan situasi yang aman dan tertib serta mencegah terjadinya gangguang keamanan di saat rangkaian acara HBP ke-59 dilaksanakan.

Sebelumnya tepatnya pada tanggal 2 Mei 2023, Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan dilangsungkan secara virtual dipimpin Menteri Hukum Dan HAM RI Yasona H Laoly yang diikuti Kalapas Kelas IIA Pematang Siantar di Lapas Kelas 1 Medan.

Pada hari yang sama Kalapas Kelas IIA Pematang Siantar juga menerima kembali penghargaan prestasi terbaik ke-2 sebagai penyelenggara kesehatan Pemasyarakatan Tahun 2023 dari Kanwil Kemenkumham Sumut.

Ada pun prestasi ini merupakan wujud apresiasi atas upaya dan dedikasi sekaligus Bhakti UPT Pemasyarakatan Dalam memajukan Indonesia di bidang pemasyarakatan.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment