Terkait Indikasi Dugaan Korupsi di Dinkes Langkat Rp8 M, GEMPALA akan Aksi Damai di Kejati Sumut

Terkait Indikasi Dugaan Korupsi di Dinkes Langkat Rp8 M, GEMPALA akan Aksi Damai di Kejati Sumut

topmetro.news – Aktivis Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Langkat (GEMPALA) akan melakukan aksi damai di depan Gedung Kejati Sumut pada Jum’at (12/5/2023) besok.

Informasi yang Topmetro terima dari Ketua GEMPALA Abdul Aziz, pihaknya akan melakukan aksi damai terkait adanya indikasi dugaan korupsi anggaran belanja kegiatan tahun 2021 di Dinas Kesehatan Langkat berkisar kurang lebih Rp8 Miliar.

“Nilai sebesar itu sesuai dengan temuan dan hasil audit dari BPK RI Perwakilan Sumut. Kami menduga dan meyakini jika temuan sebesar Rp8 Miliar tersebut belum ada upaya pengembalian. Sebagai aktivis Mahasiswa dan Pemuda Langkat kita terpanggil untuk menyuarakan dan memantau penggunaan anggaran di semua instansi jajaran Pemkab Langkat. Sebab uang yang di gunakan untuk belanja barang dan jasa tersebut bersumber dari uang masyarakat yang selama ini membayar pajak. Jadi, setiap ada indikasi penyimpangan penggunaan anggaran yang tidak wajar dengan realisasi belanja dan kegiatan, kita wajib menyuarakan. Demi kepentingan masyarakat di Kabupaten Langkat. Khususnya di bidang kesehatan,” ujar Abdul Aziz, Kamis (11/5/2023).

Sampaikan Pendapat

Abdul Azis menjelaskan, GEMPALA melakukan aksi damai tersebut berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat di depan umum. Juga UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi yang dirubah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001. Kemudian UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Jadi, kita minta agar APH Kejati Sumut untuk memanggil dan memeriksa Kadis Kesehatan Pemkab Langkat dr. Juliana MM. Beserta pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengadaan belanja barang dan jasa tahun anggaran 2021,” ujarnya.

Aziz menyampaikan saat aksi yang akan berlangsung pada hari Jum’at (12/5/2023) besok, tahap awal GEMPALA akan membawa sekitar 100 massa aksi.

Terpisah, Kadis Kesehatan Pemkab Langkat dr. Juliana MM saat coba dikonfirmasi terkait rencana aksi GEMPALA atas temuan BPK RI Perwakilan Sumut terkait indikasi penyimpangan anggaran belanja barang tahun 2021 melalui layanan WhatsApp, Kamis (11/5/2023) siang belum memberikan jawaban.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment