Ketua DPRD Sumut Mendorong Tanjungbalai Sentra Perikanan Sumut

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendorong Kota Tanjungbalai sebagai sentra perikanan di Provinsi Sumatera Utara. Baskami menyampaikan hal tersebut, tatkala melakukan kunjungan kerja ke Pemko Tanjungbalai, Selasa (16/5/2023).

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mendorong Kota Tanjungbalai sebagai sentra perikanan di Provinsi Sumatera Utara. Baskami menyampaikan hal tersebut, tatkala melakukan kunjungan kerja ke Pemko Tanjungbalai, Selasa (16/5/2023).

Pantauan lapangan, kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib. Juga ada Sekda Tanjungbalai Nurmalini Marpaung beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, sebagai sentra perikanan, Tanjungbalai harus memiliki infrastruktur yang memadai. “Infrastruktur dermaga dan pelabuhan yang memadai. Kondisi jalan yang baik demi kelancaran distribusi. Juga jangan lupakan peningkatan pengetahuan dan daya saing nelayan,” katanya.

Baskami menjelaskan, perlunya Pemkab Tanjungbalai menampung seluruh aspirasi dari para kelompok nelayan. “Kita mau para nelayan Tanjungbalai sejahtera. Produktivitasnya semakin meningkat dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Menurut Baskami, pemkab setempat agar terus mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam upaya percepatan Tanjungbalai sebagai sentra perikanan yang strategis di Sumatera Utara.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Tanjungbalai, mengapresiasi masukan dari Baskami. Menurutnya saat ini, Tanjungbalai belum memanfaatkan secara maksimal, sektor perikanan dalam sumber PAD.

“Lokasi bongkar dan pelelangan hasil laut berada di daerah lain, bukan di Tanjungbalai. Sehingga ‘added value’ yang didapatkan tidak didapatkan oleh Pemko Tanjungbalai,” jelasnya.

Waris Tholib berharap, Pemerintah Provinsi Sumut dapat memfasilitasi aspirasi para nelayan Tanjungbalai. “Dengan adanya tempat pelelangan dan bongkar di Tanjungbalai, kami percaya mampu meningkatkan pendapatan daerah,” tambahnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment