Tunjukkan Sikap Nasionalisme, Kapolres dan Waka Polres Langkat Berbagi Tugas Peringati Harkitnas Ke-115 Tahun 2023

topmetro.news Sikap Nasionalisme kembali ditunjukkan oleh 2 perwira di Polres Langkat dengan cara berbagi tugas saat memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2033. Agar masing-masing kegiatan pada hari bersejarah ini dapat di ikuti dan juga terlaksana dengan lancar.

Upacara Harkitnas

Wakapolres Langkat Kompol Hendri ND Barus SH SIK MM tampak menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115 tahun 2023 di Lapangan Alun Alun T. Amir Hamzah Jalan Proklamasi Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Senin (22/5/2023).

Upacara Harkitnas ke-115 tahun 2023 tersebut dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin SH. Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Langkat Sri Bana Perangin Angin SE, unsur Forkopimda Langkat, Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Stabat Ledis Meriana Bakara SH, MHW, para tokoh masyarakat, ormas pemuda dan agama, TNI/ Polri, pelajar dan mahasiswa. Peringatan Harkitnas ke-115 tahun 2023 ini bertemakan ‘Semangat Untuk Bangkit’.

Plt. Bupati Langkat dalam pidatonya menyampaikan bahwa 115 tahun yang lalu semangat Indonesia mulai menyala.

“Untuk itu, mari kita terus maju mengejar ketertinggalan kita dalam mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat di mata dunia. Di saat ini kemerdekaan sudah kita raih. Mari kita terus bangkit dan bergerak demi mewujudkan Indonesia emas tahun 2045,” ujarnya.

Di tengah permasalahan yang kita hadapi, lanjut Syah Afandin, secara bersama mengajak seluruh elemen rakyat Indonesia menjadikan Harkitnas sebagai momentum untuk bangkit.

Pertumbuhan Ekonomi

“Data dan statistik menunjukan pertumbuhan ekonomi kita yang jauh meningkat dari tahun 2021. Kita berharap capaian kita ini dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan demi masyarakat Indonesia. Dunia telah menyaksikan Indonesia dalam memimpin pelaksanaan G20 itu menjadi semangat kita untuk bangkit di mata dunia. Mari sebagai komponen bangsa, kita rapatkan barisan, kita kerja cerdas untuk memajukan Negeri ini,” harapnya.

Sementara itu, Wakapolres menyampaikan mengajak seluruh masyarakat untuk bangkit menjaga persatuan serta merapatkan barisan. Agar tidak terpecah belah. Khususnya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada

“Semangat untuk bangkit dan bersatu dalam menghadapi berbagai tantangan kedepan. Guna mewujudkan tujuan Nasional dan membawa kejayaan bangsa ditahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Terpisah, pada waktu yang sama Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH melaksanakan Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP). Di Pangkalan Brandan jalan Tanjung Pura Keurahan Pelawi Utara Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat.

Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023, Senin (22/5/2023)

Peserta Upacara Ziarah ke TMP di Pangkalan Brandan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH. Sementara Danramil 13 Pangkalan Brandan Kapten Inf Sudirman ditunjuk sebagai Perwira Upacara.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh PJU Polres Langkat, Kapolsek Pangkalan Brandan, Kapolsek Tanjung Pura, Kapolsek Gebang, Kapolsek Pangkalan Susu. Lalu Kapolsek Besitang, 1 Pleton gabungan Perwira dan ASN, 1 Pleton gabungan Koramil, 1 Pleton Yon Marinir 8 Tangkahan Lagan, 1 Pleton gabungan Polsek Teluk Aru, 3 Pleton ASN dan juga 1 Pleton Ormas/OKP.

Kapolres Langkat mengatakan bahwa prosesi pelaksanaan kegiatan ziarah di TMP Pahlawan kali ini merupakan bagian penghormatan kita terhadap para Pahlawan Nasional yang telah berjasa saat memperjuangkan kemerdekaan.

Usai acara tabur bunga, Kapolres Langkat mengatakan agar seluruh anak bangsa mengikuti spirit perjuangan para pahlawan.

“Bagi kami spirit perjuangan pahlawan, dalam hal positif adalah kesempatan kami. Untuk memberikan penghormatan dan doa bagi para pendahulu kami,” ujar Kapolres.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment