Bawa Pelayanan Gratis ke Desa Pamutaran, Bupati Samosir Disambut Antusias Masyarakat

Bupati Samosir Vandiko T Gultom berkantor dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Pamutaran, Selasa (23/5/2023.

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom berkantor dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Desa Pamutaran, Selasa (23/5/2023).

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, Pj Sekda Waston Simbolon, Asisten I Tunggul Sinaga, staf ahli bupati, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang. Juga beberapa pimpinan OPD, TBPP, dan Camat Palipi Ronal Sinaga.

Tujuan Program Bunga Desa guna memaksimalkan pelayanan dan memberikan pelayanan secara langsung bersama pemerintah desa, melayani dan membantu masyarakat. Bertemu dan melihat secara langsung keadaan masyarakat, menampung aspirasi secara langsung.

Bupati Samosir membawa berbagai pelayanan gratis. Di antaranya pelayanan pengurusan adminduk, pengurusan izin berusaha, penyuluhan stunting. Kemudian, pengobatan gratis, pengurusan BPJS, pelayanan KB. Lalu pengembangan UMKM.

Selain itu, Bupati Samosir juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi. Menyediakan layanan konsultasi pertanian serta memberikan bantuan pupuk organik kepada delapan kelompok tani. Memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos cair (biosaka, ecoenzyme).

Selain itu, Bupati Samosir mengerahkan alat berat guna pembukaan enam ruas jalan usaha tani sepanjang 3 km. Juga pembukaan jalan desa sebagai akses antar desa dan kebutuhan lain masyarakat.

Di hadapan masyarakat, Vandiko menuturkan kehadirannya turun secara langsung untuk melayani. Memastikan pelayanan dapat terasa sampai ke desa. “Kami beserta beberapa OPD bukan hanya kunjungan tapi memberikan aksi nyata. Melayani secara langsung kepada masyarakat. Saya senang melayani masyarakat. Banyak pelayanan yang kami bawa, mari manfaatkan dengan baik,” kata Vandiko

Pupuk

Dalam kesempatan itu, Vandiko menjelaskan kondisi pupuk kimia sangat terbatas. Dari usulan sesuai RDKK, hanya 40 persen yang terakomodir dan tahun ke tahun terus berkurang. Untuk mengatasi ini, maka Pemkab Samosir turun memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik padat dan cair. Mengajak masyarakat untuk dapat beralih menggunakan pupuk organik demi keberlangsungan pertanian.

“Pemberian bantuan hanya sebagai perangsang, untuk beralih menggunakan pupuk organik. Kalau kita mau belajar ada keuntungan lainnya. Bisa dijual menambah penghasilan. Mari belajar, merobah pola pikir dan jangan mengeluh tidak ada pupuk. Karena pemerintah hadir memberikan pelatihan,” imbuh Vandiko.

Masyarakat pun menyambut baik kehadiran Bupati. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat memadati pos pelayanan. Berbagai pengurusan administrasi kependudukan, izin berusaha selesai dengan cepat.

Untuk Desa Pamutaran, pada tahun 2023 ini Pemkab Samosir memberikan perhatian pengembangan jalan senilai Rp100 juta. Hal ini juga untuk memastikan bahwa setiap desa di Kabupaten Samosir mendapat pembangunan secara merata.

Kades Pamutaran Tomu Sitno Pandiangan bersama tokoh masyarakat Arnol Sinaga menyambut baik Program Bunga Desa, sehingga Bupati dapat turun langsung ke Desa Pamutaran.

Melalui Bunga Desa tersebut, mereka minta pembangunan ataupun peningkatan jalan di Desa Pamutaran. Yang mana jalan tersebut merupakan jalan poros yang menghubungkan beberapa desa.

Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon mengatakan siap mendukung program Bupati Samosir. Pemerintahan dan pembangunan itu sama, tidak pernah berhenti dan berkelanjutan.

Sebagai sosial kontrol penganggaran dan pengawasan, Nasib menyampaikan, banyak kepala daerah mengalami kewalahan keuangan akibat Covid-19. Hal ini bukan berarti pemerintah tidak peduli dengan pembangunan. “Mari saling bahu-membahu, bergotong-royong dalam pembangunan,” katanya.

Terkait jalan poros di Desa Pamutaran, Nasib menyampaikan akan menjadi prioritas 2024, minimal akan ada tindak lanjut dari Pemkab Samosir.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment