Wabup Asahan: Makan Ikan Mampu Cegah Stunting

Wabup Asahan: Makan Ikan Mampu Cegah Stunting

topmetro.news – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi sosialisasikan penyajian dan pengolahan ikan dalam rangka gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) tahun 2023, Rabu (24/5/2023).

Kegiatan yang berpusat di Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja mengusung tema “gemar makan ikan untuk menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas serta mencegah stunting”.

Plt Kadis Perikanan Ir Siti Aisyah mengatakan sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan memiliki peran sentral dalam upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan, pertumbuhan dan menjaga kesehatan.

“Dinas Perikanan setiap tahunnya mengajukan program sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan. Mulai dari kegiatan lomba masak serba ikan, memasyarakatkan makan ikan”, kata Aisyah.

Wabup Asahan menyambut baik kegiatan ini. Semakin banyak masyarakat yang memakan ikan akan berkontribusi positif bagi pelaku usaha perikanan. Selain konsumsi protein ikan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah resiko serangan penyakit. Seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker.

“Stunting adalah masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama. Yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak di mana tinggi badan tidak sesuai dengan usianya,” kata Wabup.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan tolak ukur terciptanya SDM berdaya saing mencakup beberapa faktor penting di antaranya kesehatan, kecerdasan dan keterampilan. Terbangunnya 3 indikator tersebut, sangat berkaitan dengan asupan gizi yang tubuh terima sejak 1.000 hari pertama kehidupan.

Pencegahan stunting ditekankan kepada catin ibu hamil, ibu menyusui dan ibu mempunyai balita. Untuk tingkat konsumsi ikan di Asahan saat ini mencapai 4 kg/kapita/tahun dengan asumsi sekitar 1,2 ons/orang/hari.

Wabup dan Ketua PKK Asahan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba mewarnai, kartu identitas anak, susu untuk ibu hamil dan juga bibit sayur kepada masyarakat.

Penulis: EN

Related posts

Leave a Comment