Edwin Minta Masyarakat Manfaatkan Program JKMB UHC

Edwin Minta Masyarakat Manfaatkan Program JKMB UHC

topmetro.news – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Medan, Edwin Sugesti Nasution mengapresiasi peluncuran layanan kesehatan gratis lewat program Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) Universal Health Coverage (UHC).

“Program ini merupakan langkah Pemko Medan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya Edwin Sugesti pada Kamis (25/5/2023).

Layanan Kesehatan Gratis

Melalui program ini, masyarakat Kota Medan di permudah dalam memperoleh layanan kesehatan secara gratis. Sebab, hanya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK), masyarakat dapat datang ke Puskesmas atau rumah sakit untuk memperoleh pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Untuk itu, masyarakat dapat memanfaatkan program ini jika mengalami gangguan kesehatan. Memang Edwin mengakui, sampai hari ini banyak masyarakat yang belum memahami sepenuhnya bagaimana berobat dengan menggunakan KTP maupun KK.

“Jika mengalami gangguan kesehatan, harus terlebih dahulu ke Puskesmas. Dan jika harus dilakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit, maka pihak Puskesmas akan merujuknya ke rumah sakit yang merupakan provider BPJS Kesehatan. Namun jika dalam kondisi emergency atau darurat, masyarakat dapat langsung ke rumah sakit, tanpa harus melalui Puskesmas,” paparya.

“Karena kesehatan merupakan hak kita semua. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa kita telah memilik nomor induk kependudukan (NIK). Sebab jika tanpa adanya NIK, kita tidak akan dilayani,” tuturnya lagi.

 

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment