Kuatkan Nasionalisme, Dandim Aceh Utara Berikan Materi Wasbang ke Mahasiswa Unimal

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Nasionalisme bersama Rektor Unimal kepada sekitar 150 mahasiswa

topmetro.news – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Nasionalisme bersama Rektor Unimal kepada sekitar 150 mahasiswa dari berbagai suku dan wilayah termasuk Papua, Timor, dan lainnya, tetap dalam bingkai Semangat Persatuan NKRI di perkemahan Ujung Kareung Sabang, Senin (29/5/2023).

Dandim menyampaikan, bahwa pemberian wawasan ini bertujuan meningkatkan rasa dan semangat nasionalisme terhadap Bangsa Indonesia. Kegiatan berlanjut dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Titik Nol Sabang dan malam inagurasi/renungan.

Sebelum pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Dandim, kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh mahasiswa, Dalam kesempatan tersebut Letkol Inf Hendrasari memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya pengetahuan bela negara agar tidak mudah terpecah belah oleh berbagai ancaman.

Bela negara tidak bisa dilepaskan dari wawasan kebangsaan yang harus dimiliki oleh setiap insan Warga Negara Indonesia, dihadapkan dengan kehidupan kampus yang mempunyai pola pikir maju dan bebas. Mahasiswa harus mempunyai jiwa nasional yang tinggi yang bisa membawa kebaikan bangsa dan negara.

“Kita harus senantiasa membangun karakter bela negara pada diri kita masing-masing. Sehingga bisa membela negara kita agar tidak terpecah belah oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab,” terang Dandim.

“Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya pemeluk Agama Islam. Sedangkan di dalam Agama Islam saat ini banyak aliran dan faham fanatik yang berkembang. Ini juga bisa menjadi potensi konflik jika kita tidak bisa selalu waspada dengan menanamkan jiwa nasional dan cinta Tanah Air,” lanjut Dandim.

Generasi Berkualitas

Dandim juga berharap agar mahasiswa-mahasiswa saat ini dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas. Memiliki karakter yang tangguh dan menjadi agen di berbagai lini demi kemajuan sebuah negara.

“Saya berharap sebagai mahasiswa dan generasi muda, kalian harus senantiasa menumbuhkan semangat untuk bersatu. Dan mampu menjadi generasi-generasi yang berkualitas. Sehingga ke depan, generasi muda Indonesia dapat memiliki karakter yang tangguh. Sekaligus menjadi agen-agen perubahan di berbagai lini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutup Dandim.

reporter | Rizaljhon

Related posts

Leave a Comment