Disbudparekraf Sumut Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara

Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut menggelar Audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2023 Tingkat Sumatera Utara, di Hotel Grand Antares Medan, Rabu (31/5/2023).

topmetro.news – Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut menggelar Audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2023 Tingkat Sumatera Utara, di Hotel Grand Antares Medan, Rabu (31/5/2023).

Audisi tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara Zumri Sulthony SSos MSi.

Kadis Budparekraf Sumut dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini pada hakikatnya terselenggara dalam rangka pengembangan potensi budaya oleh generasi muda di Indonesia. Khususnya Provinsi Sumatera Utara.

“Kami ucapkan selamat berjuang kepada para adik-adik yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa utusan dari kabupaten/kota di Sumatera Utara yang menjadi peserta Audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2023,” kata Zumri Sulthony.

Kadis berharap para peserta audisi memberikan penampilan terbaiknya. Dan semoga dapat menjadi perwakilan terbaik dari Provinsi Sumatera Utara.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para generasi muda di Sumatera Utara bisa terus semangat dalam meningkatkan potensi diri masing-masing. Terutama di bidang seni suara,” harapnya.

Gita Bahana Nusantara (GBN) hadir sebagai wadah ekspresi seni dan budaya generasi muda yang inklusif dari seluruh Indonesia.

Dalam mewujudkan konsistensinya, GBN terus melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Serta memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme untuk memperkuat karakter dan jati diri bangsa yang berbudaya.

Sementara itu bertindak sebagai dewan juri daerah adalah Dr Panji Suroso SPd MSi (Unimed), Dra Rithaony Hutajulu MA (USU), dan Juriatman (Dinas Budparekraf). Sedangkan dewan juri dari pusat adalah Drs Sudirman dari Kemendikbudristek RI.

Hasil Audisi

Peserta audisi ini terdiri dari 52 orang yang terseleksi. Mereka terdiri dari pelajar dan mahasiswa se-Sumut.

Selanjutnya dari 52 peserta audisi ini akan terpilih empat peserta dengan jenis suara Sopran, Alto, Tenor, dan Bas terbaik yang akan mewakili Sumatera Utara untuk bergabung dengan Tim Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Pusat. Nantinya akan memeriahkan upacara Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Repuplik Indonesia di Istana Negara.

Dewan juri akhirnya memilih dan memutuskan empat pemenang terbaik. Kategori Suara Terbaik Sopran adalah Revika Zefanya Haloho (Medan). Lalu Suara Terbaik Alto Abigael Gabriella Ameta (Medan). Kemudian, Suara Terbaik Tenor Frans Yudika Panjaitan (Asahan). Serta Suara Terbaik Bass Edward F Situmorang (Medan).

Kegiatan tersebut juga makin meriah dengan penampilan Kelompok Paduan Suara El Shaddai. Juga ada Band Disbudparekraf dan ‘performance’ musik biola.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment