Kapolres Simalungun Hadiri Pelantikan 248 Pangulu Terpilih Periode 2023-2029

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH mengikuti pelantikan 248 pangulu terpilih hasil Pemilihan Pangulu Serentak Kabupaten Simalungun Periode 2023-2029.

topmetro.news – Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH mengikuti pelantikan 248 pangulu terpilih hasil Pemilihan Pangulu Serentak Kabupaten Simalungun Periode 2023-2029.

Pelantikan langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Rabu (7/6/2023).

Kapolres Simalungun mengucapkan selamat atas terlaksananya pelantikan pangulu terpilih tersebut. “Semoga para pangulu terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat, guna mendukung pertumbuhan ekonomi serta pembangunan nasional,” ucap AKBP Ronald.

Pelantikan para pangulu itu sesuai SK Bupati Simalungun Nomor 100.3.3.2/7162.1/15.2/2023. Sebagai saksi Albert Saragih (Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra) dan Akmal H Siregar (Asisten Administrasi Umum). Serta rohaniawan Islam, Kristen, dan Katholik.

Ditandai dengan penandatangan berita acara pelantikan dan fakta integritas oleh perwakilan pangulu yang dilantik serta penyematan tanda jabatan kepada para pangulu yang dilantik.

Bupati Simalungun dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan pelantikan ini merupakan puncak demokrasi lokal yang terlaksana beberapa bulan lalu. “Masyarakat telah menentukan sendiri, siapa yang mereka percaya untuk memimpin dan menjadi pelayan masyarakat enam tahun ke depan,” kata Bupati.

“Ini bukanlah akhir. Namun menjadi titik awal mulainya penyelenggaran pemerintahan nagori, guna menjamin terlaksananya pembangunan nagori. Demi tercapai rakyat harus sejahtera secara lahir dan batin,” ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, nagori memiliki posisi penting dalam terwujudnya pembangunan. Baik secara nasional, maupun secara khusus di Kabupaten Simalungun.

Bupati mengingatkan bahwa pangulu adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karenanya pangulu wajib menguasai data serta potensi wilayah.

Peran Masyarakat

Kepada masyarakat, Bupati mengajak untuk membantu dan mendukung pangulu terpilih dalam melaksanakan tugasnya.

“Mari bersama-sama menggali potensi yang ada di nagori. Lupakan perbedaan yang muncul selama proses pemilihan pangulu yang lalu, untuk menyongsong masa depan yang lebih cemerlang,” ucap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, pangulu terpilih bukan lagi milik sekelompok pemilih atau pendukung. Tetapi menjadi milik dan pelayan semua masyarakat. “Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tanpa ada perbedaan,” pungkas Bupati.

Tampak hadir juga, Ketua TP PKK Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati H Zonny Waldi SSos MM, Sekda Drs Esron Sinaga MSi, Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy SB SIPem MHan, Ketua DPRD Timbul J Sibarani, Kajari Irfan Hergianto SH MH, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono SH, Kasat Intelkam Iptu Teguh Raya Putra Sianturi, dan Kapolsek Raya AKP Alwan.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment