Ketua DPRD Medan Sebut Siap Anggarkan Kenaikan Honor Kepling 

Ketua DPRD Medan Sebut Siap Anggarkan Kenaikan Honor Kepling 

topmetro.news Ketua DPRD Medan, Hasyim, memberikan apresiasi kepada Walikota Medan, Bobby Nasution yang berencana untuk segera menaikkan honor kepala lingkungan (kepling) di Kota Medan. Ia menegaskan, DPRD Medan sepakat dan mendukung penuh rencana tersebut.

“Kita apresiasi rencana kenaikan honor kepling di Kota Medan yang kemarin disampaikan Walikota Medan, Pak Bobby Nasution. Rencana ini sangat baik dan patut mendapatkan dukungan agar bisa segera terealisasi,” ucap Hasyim, kepada wartawan, Selasa (13/6/2023).

Sebagai bentuk dukungan atas rencana tersebut, DPRD Medan siap menganggarkan kenaikan honor kepling di Kota Medan. Melalui Perubahan APBD (P-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2023.

“Agar rencana kenaikan honor kepling bisa segera terealisasi, DPRD Medan siap menganggarkannya di P-APBD tahun ini,” imbuhnya.

Ia mengatakan, menaikkan honor kepling di Kota Medan agar minimal setara dengan Upah Minum Kota (UMK) juga merupakan rencana DPRD Medan. Bahkan, Fraksi PDIP telah menyuarakan hal itu sejak beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, Hasyim menilai bahwa rencana Bobby Nasution yang ingin menaikkan honor kepling sangat sejalan dengan pihaknya di DPRD Medan.

Ia pun menerangkan bahwa rencana kenaikan honor kepling di Kota Medan sangat beralasan. Mengingat kepling merupakan ujung tombak pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Harapannya, kenaikan honor tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan para kepling.

“Tugas kepling itu sangat kompleks dengan jam kerja yang bisa dikatakan tidak terbatas. Maka selayaknya kita memperhatikan kesejahteraan para kepling, salah satunya dengan menaikkan honor mereka,” jelasnya.

Melayani Warga

Dengan meningkatnya kesejahteraan para kepling, sambung Hasyim, harapannya tidak ada lagi kepling yang bekerja setengah hati dalam melayani masyarakat. Karena setiap kepling wajib memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh warganya.

“Dan yang paling penting, jangan ada lagi kepling yang melakukan pungutan-pungutan liar (pungli). Bekerjalah dengan penuh pengabdian, siap melayani warga kapanpun dan di manapun,” tukasnya.

Sebelumnya, Walikota Medan Bobby Nasution, mengutarakan rencananya untuk menaikkan honor kepling agar sesuai dengan nilai UMK Medan. Hal itu ia utarakan seusai penyampaian Penjelasan Kepala Daerah terhadap Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022 dalam Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (12/6) siang.

Pertimbangannya, kata Bobby, melihat beban kerja Kepala Lingkungan yang ada di Kota Medan beberapa waktu terakhir dan tantangan kerja beberapa waktu ke depan.

“Kami Pemerintah Kota Medan atas persetujuan DPRD dan dengan kolaborasi Pemko dengan DPRD Medan mengusulkan penyesuaian honor untuk para Kepala Lingkungan agar dapat disesuaikan dengan UMK,” ucap Bobby.

Bobby berharap, usulan ini dapat menjadi penyemangat bagi setiap Kepala Lingkungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment