Ini Pesan Bunda PAUD, Test Calistung Buat Anak Stres

Memasuki tahun ajaran baru ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menegaskan tidak ada lagi test calistung bagi anak memasuki sekolah dasar (SD)

topmetro.news – Memasuki tahun ajaran baru ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menegaskan tidak ada lagi test calistung bagi anak memasuki sekolah dasar (SD) karena bisa menyebabkan anak-anak stres .

Ia mengungkapkan hal itu saat menghadiri pelepasan siswa-siswi PAUD Pembina Negeri Sumbul di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Sumbul, Dairi, Rabu (14/6/2023).

Menurut Nawal, test calistung merupakan salah satu penyebab anak-anak menjadi stres atau takut saat hendak masuk sekolah dasar. Karena itu, menghapuskan tes calistung menjadi salah satu gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Selain penghapusan test calistung, menerapkan masa perkenalan pada peserta didik baru, dan menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi anak merupakan hal yang ditekankan pada gerakan transisi yang menyenangkan tersebut.

“Nanti anak-anak ini masuk SD, ada masa pengenalan selama beberapa waktu. Dia harus beradaptasi, sampai anak anak ini tidak takut atau stres,” kata Nawal.

Pada kesempatan tersebut, Nawal juga bertemu dengan para guru SD, PAUD, kepala sekolah (kepsek) SD se-Kecamatan Sumbul, Dairi.

Nawal pun meminta para kepala sekolah dan guru sekolah dasar untuk berkomitmen menjalankan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Selain itu, Nawal juga meminta para kepsek, guru serta orangtua untuk membimbing anak-anak dengan sebaik-baiknya. Secara khusus, Nawal menyebut narkoba adalah salah satu yang harus menjadi perhatian.

“Malah baru-baru ini ada balita yang diberi air minum dengan botol berisi sabu. Ini nggak main-main, ini kejadian luar biasa. Saya berharap kepsek dan guru terus mengawasi anak kita di sekolah. Kalau di rumah ada orangtua yang mengawasi,” kata Nawal.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Dairi Romy Mariani yang mendampingi Nawal mengatakan Pemkab Dairi saat ini ada 80 PAUD yang sudah terakreditasi di Dairi. Pemkab Dairi pun telah memiliki perda tentang PAUD. Hal tersebut menunjukkan komitmen Pemkab Dairi pada pengembangan PAUD.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment