Bupati Bersama Forkopimda Humbahas Hadiri Apel Kasatkamling Tahun 2023

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) Tahun 2023, Rabu (21/6/2023), di Mapolres Humbang Hasundutan.

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) Tahun 2023.

Apel berlangsung, Rabu (21/6/2023), di Mapolres Humbang Hasundutan.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Adianto SH SIK MH. Sedangkan peserta apel antara lain personil Polres Humbang Hasundutan, BPBD, Damkar, Satpol PP. Kemudian ada perwakilan kepala desa dan perangkat desa se-Humbahas, dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Mewakili Dandim 0210/TU Pabung Humbahas Mayor Amr Ojak Simarmata, Kasipidum Kejari Humbahas Herry Sanjaya SH MH, Plh Kadis Perhubungan Jaulim Simanullang SPd MM, dan Kasat Pol PP Drs Eben Vandeik Simanungkalit MM.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan AKBP Hary Adianto, Kapolri menyampaikan, bahwa apel kasatkamling yang dilaksanakan hari itu merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi satkamling.

Diharapkan kegiatan itu dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan ‘Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi’, tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional Program ke-5 dan kegiatan ke-21. Yakni, peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi ‘early warning’ terhadap potensi kejahatan. Serta dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.
Pesan Kapolri, agar terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan satkamling.

Di tengah-tengah apel, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Adianto SH SIK MH memberikan penghargaan kepada satuan kamling yang aktif.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment