Lomba Lari 10 K Haul Bung Karno, Bupati Taput Jadikan Momentum Gelorakan Nasionalisme

Ajang lomba lari 10 K memperebutkan medali Ganjar Pranowo dalam rangka Haul Bung Karno berlangsung semarak, Jumat (30/6/2023), di depan Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Kompleks Taman Kota Tarutung.

topmetro.news – Ajang lomba lari 10 K memperebutkan medali Ganjar Pranowo dalam rangka Haul Bung Karno berlangsung semarak, Jumat (30/6/2023), di depan Gedung Kesenian Sopo Partungkoan Kompleks Taman Kota Tarutung.

Hampir seribu pelari berkompetisi secara sportif untuk sampai ke garis finish memenangkan hadiah lomba dua nomor putera dan puteri.

Ketua DPC PDI Perjuangan Taput Dr Nikson Nababan MSi yang juga sebagai Bupati Tapanuli Utara sebelum melepaskan pelari mengapresiasi animo para peserta lomba. Nikson juga menceritakan bahwa Bulan Juni menjadi Bulan Bung Karno.

Di mana pada bulan ini terdapat momen penting terkait Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Nulai dari kelahiran Pancasila pada 1 Juni, kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970. Peringatan Bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno sudah menjadi agenda tahunan di PDI Perjuangan.

Nasionalisme

Nikson juga mengutip ucapan Bung Karno itu, ‘Kalau jadi Hindu jangan jadi Orang India, kalau jadi Orang Islam jangan jadi Orang Arab, kalau Kristen jangan jadi Orang Yahudi. Tetaplah jadi orang Nusantara dengan adat-budaya Nusantara yang kaya raya ini,” ujar Nikson, menanamkan jiwa nasionalisme bagi generasi milenial.

Sebelumnya, Ketua Panitia Lomba Darman Purba Tambak melaporkan bahwa acara lomba ini berkat instruksi Ketua DPC PDIP Taput kepada 11 kader untuk.

“Untuk membina disiplin dan sportifitas pemuda juga pemudi, sebagai bentuk anjuran dari Ketua DPC sekaligus Bupati Taput, Bapak Dr Drs Nikson Nababan, memerintahkan saya dan rekan rekan juang dalam tugas partai untuk mengajak kaum muda agar tetap menjaga semangat sportifitas, hidup sehat, hidup sosial, dan saling bergotong royong di momen penyelenggaraan menyemarakkan puncak acara Haul Bung Karno ke 53 Tahun 2023. Harapan Pak Ketua yang juga Bupati Tapanuli Utara dapat berkelanjutan di kemudian hari,” ungkap Bacaleg PDI Perjuangan ini.

Darman juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPC PDIP Taput, KONI, Cabor PASI, panitia, dewan juri, dan pihak sponsorship yang telah ikut mensukseskan acara.

Panitia juga berupaya menjamin keamanan dan sterilisasi di rute lomba lewat pemilihan lokasi. “Untuk itu, akan disediakan signage yang clear, marshals di sepanjang rute, titik ambulans serta mobile medic dengan dukungan Tim Dinas Kesehatan Taput. Sementara untuk hydration station akan tersedia di setiap pos panitia.

Panitia juga mengedukasi para peserta lomba juga senam pemanasan sebelum berlomba. Tak hanya berlomba untuk menjadi yang terbaik, para pelari juga akan mendapatkan edukasi terkait pola latihan yang benar dari para expert di bidangnya. Mulai dari running coach, nutritionist.

Hadir mendampingi Nikson Nababan yakni, Sekretaris DPC PDIP Taput Sabungan Parapat, Ketua DPRD Taput Arifin Rudi Nababan, Waka Polres Taput Jonni Sitompul, Fraksi PDIP Ombun Simanjuntak, Kadispora Marco Panggabean, Kadis Pendidikan Bontor Hutasoit, Kasat Lantas Polres Taput Burako Aritonang, para caleg PDI Perjuangan Taput, Maya Situmorang, Komandan Satgas Guring, Ketua Baguna Lasbe Hutauruk, Caterine Sibuea, Rosnala Sitompul.

Susunan panitia adalah, Ketua Darman Purba Tambak, Sekretaris Horas Nababan, Bendahara Agustinus Butarbutar, Rosdiana Butarbutar, Alfredo Sihombing, Hengki Tobing, Risdon Silalahi, Riduan Sitorus, dan Henry Harianja.

Juara

Ada pun para pemenang yakni, juara 1 Putera Siahaan, juara 2 Daniel Simanjuntak, juara 3 Erwin Simanjuntak, dan juara 4 Binsar Hutapea, Untuk nomor putri, juara 1 Cilpia Manalu, juara 2 Dertawan Hutasoit, juara 3 Irsa Manalu, dan Agustina Nababan juara 4.

Hadiah untuk juara I Rp5.000.000, juara II Rp4.000.000, juara III Rp3.000.000, juara VI Rp2.000.000, juara V Rp1.750.000, juara VI Rp1.500.000, juara VII Rp1.250.000, juara VIII Rp1.000.000, juara IX Rp750.000, dan juara X Rp500.000.

Sementara kepada 100 peserta yang pertama mencapai garis finish memperoleh dana kebugaran (fooding).

Dalam kelompok 100 yang pertama sampai di finish terdapat peserta muda Daud Tampubolon (12), siswa kelas VI SDN Sibuntuon Kecamatan Sipoholon.

Selain itu, panitia juga menyediakan hadiah hiburan berupa doorprize. Juga untuk peserta yang unik, peserta anak yang sampai ke garis finish dengan membawa bendera PDI Perjuangan. Serta peserta tertua dan termuda.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment