Bupati Samosir Hadiri Puncak Acara Pesta Syukuran Pomparan Parna Indonesia dan Pesta Syukuran Harianja

Pesta Syukuran Pomparan Raja Naiambaton (Parna) Indonesia di Pantai Tandarabun, Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (8/7/2023).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST bersama Gubernur Sumut Letjen TNI (Purn) H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menghadiri Pesta Syukuran Pomparan Raja Naiambaton (Parna) Indonesia di Pantai Tandarabun, Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (8/7/2023).

Pesta Syukuran Pomparan Parna Indonesia berlangsung tanggal 6-8 Juli 2023, dengan mengangkat tema ‘Melestarikan Budaya dan Identitas Bangsa’.

Sejumlah pejabat yang turut hadir di antaranya mewakili Pangdam I/BB serta Direktur Polair Polda Sumut Kombes Pol Toni Ariadi Effendi. Kemudian, Inspektur Provsu Lasro Marbun, Direktur Utama Bank Sumut Babay Parid Wazdi. Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman. Pj Sekda Dr Naslindo Sirait, asisiten, pimpinan OPD, dan Camat Simanindo.

Ketua Pomparan Parna Indonesia Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Gubsu beserta rombongan pada pesta syukuran PPI. “Kami bangga. Kami merasa terhormat atas kehadiran Pak Gubernur beserta rombongan pada acara ini,” ucapnya.

Cornel mengatakan, selain yang berdomisili di Kabupaten Samosir, pada pesta syukuran ini juga hadir kurang lebih 1.800 orang Pomparan Parna dari luar Samosir. Tentu ini akan memberi efek positif terhadap perekonomian lokal.

Vandiko T Gultom ST, atas nama Pemkab Samosir juga menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Gubernur Sumut dan seluruh Pomparan Parna Indonesia. “Kami telah menyatakan Samosir sebagai Titik Awal Peradaban Batak. Karena Samosir dipercaya sebagai asal usul Orang Batak,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan dengan adanya syukuran ini, akan sangat membantu Kabupaten Samosir pasca-Pandemi Covid-19. Hotel-hotel penuh, kuliner akan laku. Tentu semakin membawa perekonomian yang baik untuk Samosir. Sebagai ucapan syukur untuk acara PPI, Bupati Samosir memberikan bantuan sebesar Rp50 juta.

O Tano Batak

Gubernur Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan patut bersyukur kepada Tuhan. “Inilah kekayaan kita. Acara hari ini adalah salah satu bentuk ‘Marsipature Hutana Be’,” ujar Gubsu.

Pada kesempatan tersebut, Edy Rahmayadi mengatakan ada dua peristiwa di muka Bumi ini yang nyaris membuat manusia punah. Yakni sebelum Masehi di zaman Nabi Nuh lewat air bah. Kemudian peristiwa meletusnya Gunung Toba sekitar 75 ribu tahun yang lalu.

Edy menyebutkan, saat Gunung Toba meletus maka terjadilah Danau Toba, yang terlihat saat ini. Dan akibat letusan itu, enam tahun lamanya Matahari tertutup dan populasi manusia tinggal sekitar 6.000 jiwa. “Inilah sisa-sisa yang tergolong di dalam Parna ini yang hidup ini,” terangnya.

“Yang ingin saya ceritakan saudara-saudara saya, yang sisa-sisa kita ini, mau kita apakan danau ini? Apakah mau kita rusak? Yang perlu kita sampaikan jangan sampai tiga kali Tuhan memperingatkan kita,” kata Edy.

Mengakhiri sambutannya, Edy Rahmayadi menyampaikan selamat syukuran kepada Pomparan Parna Indonesia. Kemudian ia pun menyampaikan bantuan berupa 2 ekor kerbau.

Sebelum bertolak dari lokasi acara, Gubernur Edy mengajak hadirin dan undangan menyanyikan Lagu ‘O Tano Batak’. Edy meyakini jika Batak merdeka, Lagu ‘O Tano Batak’ akan menjadi lagu kebangsaannya.

Syukuran Harianja

Usai menghadiri Pesta Syukuran Parna Indonesia, Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST kemudian menghadiri Pesta Syukuran dan Musyawarah Besar VI Parsadaan Harianja Dohot Boruna se-Indonesia (PHBI), serta pembangunan rumah parsaktian.

Acara berlangsung di Huta Gorat, Desa Onan Runggu, Kecamatan Onan Runggu.

Bupati Samosir hadir bersama sejumlah pejabat, di antaranya Asisten I Tunggul Sinaga, Inspektur Marudut Tua Sitinjak, Kadis Ketapang Pertanian Dr Tumiur Gultom, Camat Onan Runggu Agus Bonar Gultom, serta Forkopimca Onan Runggu.

Kehadiran Bupati Samosir bersama rombongan dapat sambutan hangat Ketua Umum PHBI H Wilson Harianja, Presiden Internasional Army Militer Pilot (INAMPA) Parroan Harianja, KetuaPanitia Mubes PHBI Dr Tuangkus Harianja.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment