Bupati Samosir Bersama Effendi Simbolon Hadiri Peresmian Tugu Limbong Mulana

Tarian Batak sambut kehadiran anggota DPR RI yang juga Ketum PSBI, Effendi Muara Sakti Simbolon dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom pada Horja Bolon/Pesta Budaya Peresmian Tugu Limbong Mulana.

topmetro.news – Tarian Batak sambut kehadiran anggota DPR RI yang juga Ketum PSBI, Effendi Muara Sakti Simbolon dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom pada Horja Bolon/Pesta Budaya Peresmian Tugu Limbong Mulana.

Kegiatan berlangsung di Huta Limbong Desa Sarimarrihit Kecamatan Sianjur Mulamula, Kamis (6/7/2023).

Turut hadir Staf Ahli Bupati Hut Isasar Simbolon, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Camat Sianjur Mulamula, Wakapolres Samosir ST Panggabean, Pabung TNI G Sebayang, pengurus PSBI Pusat, pengurus PSBI Wilayah Samosir, dan pomparan Marga Limbong dari perwakilan masing-masing daerah se-Indonesia.

Peresmian Tugu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ketua PPLMI Bernhard Limbong. Kemudian ada penyerahan ‘Ulos Soraburuk’ (sebidang tanah) kepada Marga Simbolon. Yang menerima adalah Ketum PSBI sebagai boru dari Marga Limbong. Sekaligus ikut menginjakkan kaki di tanah pemberian tersebut.

Acara Horja Bolon atau Pesta Budaya Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (LPPMI), berlangsung mulai tanggal 4 hingga 7 Juli 2023.

Vandiko Gultom mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan Pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir, sebagai suatu upaya pelestarian budaya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh pomparan Limbong Mulana. Semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu,” katanya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Parsadaan Pomparan Marga Limbong yang sudah memberikan Ulos. Menurutnya, Ulos tersebut akan menjadi berkat, penambah semangat dalam memimpin di Kabupaten Samosir.

“Dengan adanya berbagai pesta adat seperti halnya Peresmian Tugu Limbong Mulana ini, akan semakin meningkatkan rasa cinta terhadap budaya. Serta meningkatkan pendapatan masyarakat pasca-pandemi,” tutup Bupati.

Bangga

Ketum PSBI yang juga anggota DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon mengaku bangga dan haru dengan terlaksananya Pesta Tugu Limbong Mulana. Sebagai boru, Efendi meminta berkat kepada pomparan Marga Limbong. “Ada suka cita, saling mengasihi dan kasih melalui pesta ini,” ucap Effendi.

Ketua PPLMI Bernhard Limbong mengatakan, pembangunan tugu tersebut sudah lama dinanti-nantikan dan sekarang baru tercapai. “Marga Limbong merupakan salah satu marga tertua dalam Suku Batak Toba dan baru pertama kali melaksanakan pesta tugu,” kata Bernhard.

Harapannya, Tugu Limbong Mulana dapat sebagai pemersatu semua Marga Limbong di Indonesia dan dunia.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment