dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua PKK Hadiri Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting menghadiri Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut, Senin (10/7/2023).

topmetro.news – Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting menghadiri Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut, Senin (10/7/2023).

Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat menjadi utusan Kota Pematang Siantar mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2023.

Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut yang diketuai M Liga Dakwah Daulay SSos bersama rombongan disambut dr Susanti dan Ketua PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dengan penyematan pakaian Adat Simalungun serta penampilan Tortor Sombah.

Barometer

Dalam sambutannya, dr Susanti menjelaskan lomba desa/kelurahan merupakan sebuah barometer keberhasilan pembangunan di daerah. “Tujuannya untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan di suatu wilayah terhadap desa dan kelurahan. Serta meningkatkan motivasi bagi desa dan kelurahan,” tutur dr Susanti.

Wali kota perempuan pertama di Pematang Sianțar ini menyampaikan, pelaksanaan pembangunan di tahun 2023 mengusung tema ‘Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa ataupun Kelurahan’. Melalui tema tersebut, harapannya, kondisi desa dan kelurahan pasca-Pandemi Covid-19 terus bangkit dan melakukan stimulus ekonomi dan sosial.

Dengan bangkitnya perekenomian melalui penilaian desa ataupun kelurahan, dr Susanti berharap semua pihak dapat menghadapi dan menghempang isu-isu. Seperti kemiskinan, inflasi, stunting, dan isu-isu strategis lainnya.

“Desa dan kelurahan menjadi ujung tombak ataupun barisan terdepan dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” tutur mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih ini.

Di dalam pelaksanaan evaluasi, sambung dr Susanti, perangkat desa ataupun kelurahan agar mempunyai kompetensi, inovasi, dan terobosan dalam melayani masyarakat secara maksimal.

“Tentunya dukungan dari seluruh masyarakat sangat perlu. Kami ucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, RT dan RW, Karang Taruna, Gapoktan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Serta seluruh elemen. Agar kita meningkatkan kerjasama dengan baik,” sebut dr Susanti.

Dokter spesialis anak itu berharap penilaian kelurahan tersebut sesuai harapan seluruh masyarakat agar dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik.

“Semoga apa yang kita harapkan mendapat ridho dari Tuhan Tang Maha Kuasa. Dan kita selalu diberi kekuatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita,” tutup alumni FK UGM ini.

Motivasi

Sementara itu, Gubernur Sumut melalui Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut M Liga Dakwah Daulay SSos menyampaikan, penilaian meliputi prestasi desa ataupun kelurahan. Serta dalam rangka memberikan motivasi guna mempercepat kemandirian kelurahan dan memberdayakan masyarakatnya.

“Kegiatan ini bertujuan mengetahui efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat,” tutupnya.

Pada Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2023 ini juga ada ekspos oleh Lurah Mekar Nauli Herry Yunedi Ginting.

Hadir pada kegiatan ini, perwakilan Pimpinan Cabang Bank Sumut dan Camat Sianțar Marihat Henri Gunawan Purba. Juga sejumlah perwakilan Forkopimcam, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Marihat Fitri Hawani Lubis SAg, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment