Bupati Humbahas Kunker di Desa Sionom Hudon Sibulbulon Kecamatan Parlilitan

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE melaksanakan kunjungan kerja lapangan ke Desa Sionom Hudon Sibulbulon Kecamatan Parlilitan, menemui petani dan masyarakat yang ada di sana. Jumat (7/7/2023).

topmetro.news – Bupati Humbahas (Humbang Hasundutan) Dosmar Banjarnahor SE melaksanakan kunker (kunjungan kerja) lapangan ke Desa Sionom Hudon Sibulbulon Kecamatan Parlilitan, menemui petani dan masyarakat yang ada di sana. Jumat (7/7/2023).

Sesampainya di lokasi, Bupati langsung menuju ke rumah pengeringan (UV Dryer) berisi jagung yang telah dipanen milik kelompok tani, sekaligus untuk melihat pemanfaatan dan mendengar pendapat kelompok tani setelah menggunakan rumah pengering (UV Dryer).

Para petani sangat senang dengan disediakannya rumah pengeringan (UV Dryer) di lahan mereka, karena mereka dapat menyimpan jagung hasil panen mereka di sana tanpa takut terkena hujan. Proses pengeringan pada hari biasa menjadi lebih cepat dan pada saat hujan mereka dapat menjaga suhu ruangan tetap hangat dan kualitas jagung tetap terjaga.

Dalam kesempatan kunjangan kerjanya ini, Bupati berpesan agar para kelompok tani untuk terus menjaga dengan baik apa yang telah diberikan ke pada mereka. Selain menjaga, bupati juga berharap bantuan yang telah di berikan digunakan secara maksimal sehingga mendapatkan hasil yang bagus.

Bupati juga menyarankan agar kelompok tani lebih fokus dalam hal pertanaman jagung. Karena biaya perawatannya yang jauh lebih murah dibanding dengan harga jualnya, juga harga jualnya yang sangat-sangat stabil di pasar.

“Ikuti langkah-langkah penanaman jagung yang sudah diberitahukan dari Dinas pertanian. Kalau sudah dijalankan semua hasilnya pasti sampai 10 ton/ha, minimal 9 ton/ha,” ucap bupati.

Hadir juga mendampingi Bupati, Inspektur Kabupaten Humbahas Drs BP Siahaan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Junter Marbun, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar SE, Kadis PUTR Anggiat Simanullang ST MT, Kadis PMDP2A Drs Maradu Napitupulu, sekcam, kepala desa, dan kelompok tani.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment