2 Siswa Asal Sumut Jadi Calon Paskibraka di Istana Negara

Dua orang siswa-siswi asal Sumatera Utara akan menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Istana Negara.

topmetro.news – Dua orang siswa-siswi asal Sumatera Utara akan menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Istana Negara.

Keduanya adalah Nabil Arya Barata Lubis asal Sekolah SMAN 2 Plus Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dan Davina Anis Raisha SMA Shafiyyatul Amaliyyah Medan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara Ir Ardan Noor MM didampingi Kabid Bina Ideologi Wasbang dan Karakter Bangsa Muhammad Andry Simatupang SSi MSi mengatakan, kedua siswa itu akan mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan perwakilan lain dari seluruh provinsi se-Indonesia.

“Untuk dikirim Jakarta dua orang. Dari Kabupaten Madina untuk putra dari Kota Medan, putri,” kata Ardan, saat menerima kedua pelajar itu di Kantor Kesbangpol Sumut, Jumat (14/7/2023).

Ardan mengatakan, proses seleksi yang mereka lalui sangatlah sulit dan ketat. Mulai dari sekolah kabupaten/kota hingga provinsi. Dan ada banyak pihak yang ikut serta dalam seleksi itu agar bisa menghasilkan yang terbaik untuk perwakilan Sumut.

“Saat proses seleksi kita melibatkan unsur TNI/Polri, unsur purnapaskibraka, psikolog. Ada unsur dari BPIP dan kesehatan,” ucapnya.

Saat ini dua pemuda perwakilan Sumut itu akan bergabung dengan perwakilan provinsi lain di Jakarta mulai tanggal 15 Juli. Ia berharap agar dua perwakilan Sumut itu nantinya akan mendapatkan peran penting di upacara pengibaran Paskibraka.

“Kalau bisa seperti tahun lalu yang di antara mereka ada yang putrinya membawa baki. Dan putra komandan paskibraka nasional. Kalau bisa mereka seperti itu,” tutupnya.

Nama Sumut

Ada pun harapan Kaban Kesbangpol Sumut ini, ke dua pelajar yang didampingi masing-masing orangtuanya ini bisa membawa harum nama Sumatera Utara. Serta tetap menjaga etika selama masa latihan.

“Namun, sebelum pelepasan berangkat ke Jakarta, kedua pelajar ini menerima seperangkat pakaian paskibraka. Mulai dari baju putih satu stel, jas, lencana, sepatu, topi, sarung tangan, baju olahraga, handuk, jam tangan dan tas,” ujar Ardan.

Hadir saat pemberangkatan ke dua paskibraka itu di antaranya Kadis Kepemudaan dan Olahraga Kota Medan, Kadispora Mandailing Natal Rahmad Hidayat.

Kemudian hadir orangtua paskibaraka Davina Anis Raisha yaitu Iptu Heri Suhartono. Serta orangtua Nabil Arya Barata Lubis yaitu Jefry Barata Lubis.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment