Ketua Gekira Medan ini Yakin, Kapolda Sumut yang Baru Akan Membawa Semangat Baru

Kapolda Sumut yang baru, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi diyakini akan membawa angin segar dan semangat baru

topmetro.news – Kapolda Sumut yang baru, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi diyakini akan membawa angin segar dan semangat baru, khususnya dalam persoalan keamanan di Sumatera Utara.

Demikian antara lain ungkapan Ketua Pimpinan Cabang Gekira (Gerakan Indonesia Raya) Kota Medan Roy Melvin S Napitupulu, saat berbincang dengan media ini, Sabtu (21/7/2023), menanggapi pergantian Kapolda Sumut.

Sebagaimana berita sebelumnya, Kapolda Sumut sudah berganti dari Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak kepada Irjen Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Irjen Agung Setya Imam Effendi sebelumnya menjabat Asops Kapolri sejak tahun 2021. Sedangkan Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menjalani tugas baru sebagai Pati Lemdiklat Polri.

Atas kehadiran mantan Kapolda Riau itu di Sumatera Utara, Roy Melvin S Napitupulu pun menyatakan dukungannya. Ia berharap agar Irjen Agung Setya Imam Effendi bisa menjalankan tugas dengan baik di Sumut.

Kader Partai Gerindra ini yakin, dengan pengalaman dan kinerja baik selama ini, termasuk saat menjadi Asops Kapolri, Irjen Agung akan mampu mengemban tugas berat sebagai Kapolda Sumut.

“Kita semua tahu dan masyarakat juga tau, bahwa daerah Sumatera Utara termasuk tinggi tingkat kriminalitasnya. Sehingga memang ada sejumlah pekerjaan berat yang menunggu Irjen Agung Setya Imam Effendi. Mulai dari masalah narkoba, geng motor, begal, mafia tanah, dan lainnya,” katanya.

Namun sekali lagi, Roy Napitupulu menyatakan keyakinannya, Kapolda Sumut baru akan siap memberantas narkoba, begal, dan lainnya. “Saya kira sudah teruji dengan kinerjanya sebelum ini,” sebutnya.

Dukungan Warga

Hanya saja ia juga berharap agar masyarakat Sumatera Utara turut membantu kinerja kepolisian dalam menuntaskan tindak kriminal di daerah ini. Sebab menurutnya, kinerja polisi sebenarnya sudah baik selama ini. Termasuk dalam menciptakan kondisi Kota Medan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Tapi akan semakin baik lagi dengan adanya dukungan masyarakat.

Kata Roy Melvin lagi, bahwa Kota Medan mungkin sudah terkesan mengerikan sekarang ini. Apalagi dengan maraknya berita begal dan geng motor. Warga dapat suguhan foto korban yang kondisinya bikin mental drop. Tapi menurutnya, warga juga harus tetap percaya, bahwa aparat kepolisian mampu mengatasi hal tersebut.

“Saya sendiri masih merasa percaya bahwa kepolisian di Sumatera Utara masih mampu menciptakan rasa aman. Untuk itu, saya mengajak semua elemen untuk mendukung dan membantu Irjen Agung Setya Imam Effendi dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Sumut. Tanpa kerjasama yang baik, maka kinerja kepolisian juga bisa menjadi tidak maksimal,” tutupnya.

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi yang lahir 8 Maret 1967 ini, sejak 20 Juli 2023 kemarin, resmi memulai tugasnya sebagai Kapolda Sumut. Lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Asisten Operasi Kapolri.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment