LPj APBD TA 2022 Ditetapkan Jadi Ranperda, Bupati: Mari Bersama Membangun Samosir dengan Rasa Cinta

Sesuai dengan amanah Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir 2021-2026, prioritas pembangunan adalah peningkatan pelayanan kesehatan, kompetensi guru dan penyediaan beasiswa, pembangunan infrastruktur, teknologi informasi, pariwisata, UMKM, serta pengembangan sektor pertanian.

topmetro.news – Sesuai dengan amanah Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir 2021-2026, prioritas pembangunan adalah peningkatan pelayanan kesehatan, kompetensi guru dan penyediaan beasiswa, pembangunan infrastruktur, teknologi informasi, pariwisata, UMKM, serta pengembangan sektor pertanian.

Hal tersebut tentu harus berbarengan dengan pengelolaan keuangan daerah yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, hingga pengawasan. Sehingga tetap dapat mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Berbagai saran, masukan dari dewan akan menjadi bahan motivasi dalam mendorong para pimpinan SKPD dan seluruh aparatur Pemkab Samosir. Agar lebih konsisten dan kreatif mengambil langkah-langkah konkrit dan strategis, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Juga, akuntabel dan transparan.

Hal itu untuk pengembangan sumber daya aparatur, penataan sistem pengawasan internal, dan peningkatan pelayanan masyarakat demi mewujudkan Visi Kabupaten Samosir. Yakni, terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan hal ini pada Rapat Paripurna Persetujuan Bersama atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022. Berlangsung di Ruang Rapat DPRD Samosir, Rabu (26/7/2023).

Rasa Cinta

Di akhir sambutannya, Bupati Samosir mengajak kepada seluruh pihak dan stakeholder untuk berbuat dan bertindak secara arif serta bijaksana. Yakni, dalam membangun Kabupaten Samosir ke arah yang lebih baik dengan rasa cinta.

Rapat paripurna diawali dengan Nota Jawaban Bupati Samosir atas tanggapan perorangan fraksi. Selanjutnya 5 fraksi yang ada di DPRD Samosir memberikan tanggapan akhir. Di mana 4 fraksi menerima dan menyetujui bersama laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 untuk menjadi Ranperda. Fraksi itu antara lain, NasDem, PKB, Golkar, dan Fraksi Gabungan (Gerindra, Demokrat, Hanura).

Pengesahan penetapan Ranperda atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 ditandai dengan penandatanganan bersama antara Bupati Samosir Vandiko T Gultom dengan Wakil Ketua DPRD Nasib Simbolon dan Pantas Maroha Sinaga.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, mewakili Kapolres Samosir Kabag Sumber Daya Manusia, Pabung 0210/TU, staf ahli bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, pimpinan SKPD, camat, dan insan pers.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment