Bupati Taput Melaksanakan Peletakan Batu Pertama Unit Sekolah Baru SMA Negeri 2 Pangaribuan

Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Sumatera Utara Drs Alfred Hasiholan Silalahi MSi (mewakili Kadisdik Sumut), dan pimpinan OPD Taput terkait, melaksanakan peletakan batu pertama Unit Baru SMA Negeri 2 Pangaribuan di SMAN 2 Pangaribuan Desa Rahutbosi Onan, Rabu (2/8/2023).

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Sumatera Utara Drs Alfred Hasiholan Silalahi MSi (mewakili Kadisdik Sumut), dan pimpinan OPD Taput terkait, melaksanakan peletakan batu pertama Unit Baru SMA Negeri 2 Pangaribuan di Desa Rahutbosi Onan, Rabu (2/8/2023).

Dalam sambutannya, Nikson Nababan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara dan Kadis Pendidikan dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provsu, karena menanggapi dengan baik usulan pendirian SMA Negeri Pangaribuan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Fraksi PDI Perjuangan dalam hal ini Bapak anggota DPRD Provsu Dapil 9 Sumut, Drs Tuani Lumbantobing dan Ketua DPRD Provsu Bapak Drs Baskami Ginting. Harapan kita SMA ini berdampak terhadap kemajuan SDM dan ekonomi. Saya juga sudah diberikan kabar baik oleh Bapak Kadiscab Alfred Silalahi, bahwa SMA Negeri 2 Pangaribuan ini bisa diprogramkan menjadi SMA Unggulan,” ujar Bupati.

Ia berharap, dengan adanya sekolah itu, masyarakat Pangaribuan tidak perlu lagi menyekolahkan putra putrinya keluar dari kecamatan tersebut. Sehingga dapat mengurangi pengeluaran beban sekolah putra-putri mereka dan dapat menabung penghasilan. “Putra-putrti mereka pun bisa produktif membantu pekerjaan orangtua. Pertemuan kita hari ini adalah sejarah untuk kita semua khususnya Pangaribuan. Kita harus menciptakan generasi emas yang luar biasa dari Tapanuli Utara,” tutup Nikson.

Kerja Keras Bupati

Sebelumnya, Drs Alfred Hasiholan Silalahi MSi mengatakan, Pemprov Sumut pada Tahun Anggaran 2023 telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan 1 unit SMA negeri di Kecamatan Pangaribuan.

“Hal ini terwujud, di samping dukungan penuh dari masyarakat, juga merupakan kerja keras dari Bapak Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang memiliki peranan yang luar biasa dalam mewujudkan pembangunan USB SMA Negeri 2 Pangaribuan ini, melalui upaya pembebasan lahan dan perataan lahan. Sehingga Visi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung sumber daya manusia yang berkualitas dapat terwujud nyata,” tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemprov Sumut menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Taput. Juga kepada Bupati Taput Nikson Nababan, ketua dan anggota DPRD Tapanuli Utara, anggota DPRDSU Drs Tuani Lumbantobing. Serta seluruh lapisan masyarakat yang mendukung pembangunan USB SMA itu.

“Selanjutnya secara khusus Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan selamat kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara yang sudah meraih gelar S-3 doktor pada hari-hari yang lampau di IPDN Cilandak, Jakarta. Kiranya kolaborasi dan kerja sama yang sungguh luar biasa antara Pemprov Sumut dan Pemkab Taput tetap berjalan dengan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pembangunan USB SMA Negeri 2 Pangaribuan ini telah dimulai pada tanggal 3 Juli 2023 yang lalu. Menurut perkiraan akan selesai pada tanggal 30 Oktober 2023. Sesuai dengan alokasi anggaran, bahwa pembangunan gedung masih 3 ruang kelas, KM/mandi siswa, kantor kepala sekolah, TU dan guru. Selanjutnya pada tahun anggaran berikutnya untuk pembangunan ruang kelas baru, perpustakaan, dan laboratorium IPA.

Pada Tahun Pelajaran 2023/2024, USB SMA Negeri 2 Pangaribuan telah menerima peserta didik baru kelas X sebanyak 43 orang. Proses belajar menumpang sementara pada SMP Negeri 4 Pangaribuan.

Turut hadir Camat Pangaribuan, Plt Kepala SMA Negeri 2 Pangaribuan Binsar Lubis SPd MM, Uspika Pangaribuan, Camat Pangaribuan. Para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment