PSBD Berakhir, Etnis Jawa Juara I, Tabagsel Juara II dan Melayu Juara III

topmetro.news Bupati Asahan H Surya BSc secara resmi menutup Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) ke V, Minggu (6/8/2023) malam.

H Nauli Siregar sebagai ketua panitia menyampaikan PSBD mulai tanggal 22 Juli dengan menampilkan seni dan budaya 14 etnis. Yakni Tabagsel, Batak Toba, Simalungun, Banjar, Pakpak, India, Tionghoa, Melayu, Nias, Karo, Aceh, Sunda, Jawa dan Minang.

“lhamdulillah selama 16 hari PSBD terlaksana dengan baik atas kerjasama 14 etnis dengan mencurahkan tenaga, pikiran dan waktu. Antusias masyarakat sangat besar untuk melihat seni dan budaya yang ditampilkan setiap etnis setiap malamnya secara bergantian. Ini terlihat dari ramainya masyarakat memenuhi lapangan utama,” kata Nauli yang juga sebagai Ketua Etnis Tabagsel.

Ucapan Terima Kasih

Nauli menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemkab Asahan, Forkopimda, Forkala, Ketua Etnis, BUMN/BUMD dan masyarakat yang telah mendukung terlaksananya PSBD.

H Surya dalam sambutannya mengatakan, apapun yang dilakukan hari ini adalah sebuah karya bersama, yang dipersembahkan untuk masyarakat sebagai wujud kepedulian dalam melestarikan tradisi adat, seni dan budaya.

H Surya berharap, PSBD dapat menjadi sarana silaturrahmi dan melestarikan seni dan budaya serta merawat kebhinekaan. Bupati memberikan apresiasi kepada panitia yang melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

“PSBD ini menjadi bahan informasi dan pengetahuan terhadap kesenian dan kebudayaan dari berbagai etnis yang bermukim di Asahan. Mari kita lestarikan seni dan budaya sebagai wujud penghargaan dan kecintaan kita terhadap kearifan lokal dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter,” kata H Surya

H Surya juga menyampaikan sejarah singkat terbentuknya PSBD yang di motori almarhum Drs M Sofyan Yoga  tahun 2004 dan almarhum Drs H Taufan Gama Simatupang. Tahun 2015, ada 8 etnis yang telah diberikan hibah tanah dan tahun ini 6 etnis. PSBD terhindar dari politik, PSBD murni pagelaran seni dan juga budaya.

Di akhir acara Bupati Asahan H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi menyerahkan hibah berupa sertifikat tanah kepada 6 etnis (Simalungun, Batak Toba, Pakpak, Tionghoa, India dan Sunda). Pemberian plakat kepada tokoh penggagas PSBD yakni almarhum Taufan Gama Simatupang dan almarhum M Sofyan Yoga yang pihak keluarga terima.

Juara I etnis Jawa, juara II Tabagsel dan juara III Melayu. Tampak hadir : Bupati, Wabup, Forkopimda, Ketua Forkala, 14 Ketua Etnis, Ketua Panitia, Sekda, OPD, Asisten, Staf Ahli, para Kabag, Camat, Lurah, ASN dan juga ribuan masyarakat.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment