Bupati Berangkatkan Enumerator SKI di Kabupaten Humbahas

Bupati Dosmar Banjarnahor SE memberangkatkan Enumerator SKI (Survei Kesehatan Indonesia) untuk wilayah Kabupaten Humbahas. Pemberangkatan berlangsung, Kamis (10/8/2023), di Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul.

topmetro.news – Bupati Dosmar Banjarnahor SE memberangkatkan Enumerator SKI (Survei Kesehatan Indonesia) untuk wilayah Kabupaten Humbahas. Pemberangkatan Enumerator SKi itu berlangsung, Kamis (10/8/2023), di Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Pada kegiatan tersebut hadir Plt Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB dr Gunawan P Sinaga, Tim Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan Wiwik Trapsilawati, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumut Hamid Rijal SKM, dan lainnya.

Dr Gunawan Sinaga menjelaskan, pelaksanaan SKI untuk menilai status kesehatan masyarakat, termasuk status gizi. Serta menentukan indeks pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah Humbang Hasundutan.

SKI menggunakan kerangka sampel, Sensus Penduduk Tahun 2020 dengan sasaran sampel 630 rumah tangga. SKI merupakan kegiatan berkala lima tahunan oleh Kementerian Kesehatan melalui Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan.

Survei berlangsung di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Khusus untuk Humbahas, survei berlangsung di 10 kecamatan dan 63 desa terpilih dengan menggunakan sampel Sensus Penduduk 2020.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyambut baik kegiatan SKI di Humbahas. Ia juga berharap, survei apa adanya, benar sesuai dengan fakta di lapangan.

“Survei harus jelas sesuai dengan fakta. Pertanyaannya harus jelas kepada masyarakat, agar bisa dibuat perbaikan ke depan. Enumerator sebagai tenaga pengumpul data, harus mendata dan melaporkan sesuai dengan fakta di lapangan,” tegas Bupati.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment