Pemkab Samosir Menerima Anugerah KIP Kategori Kabupaten Informatif

Kadis Kominfo Samosir Immanuel Sitanggang mewakili Bupati Vandiko Gultom, menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kategori Kabupaten/Kota Informatif.

topmetro.news – Kadis Kominfo Samosir Immanuel Sitanggang mewakili Bupati Vandiko Gultom, menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Kategori Kabupaten/Kota Informatif. Penyerahan oleh Komisi Informasi (KI) Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu, Selasa (15/8/2023).

Ketua KI Sumut Dr Abdul Harris Nasution dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk mewujudkan badan publik yang terbuka dan inovatif dalam pelayanan informasi, guna mewujudkan good government.

“Kami berharap keterbukaan informasi publik tidak berhenti. Tidak cukup pada hal-hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural. Namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan oleh seluruh badan publik di Provinsi Sumatera Utara ini,” ujarnya.

Mewakili Ketua Komisi Informasi Pusat Syawaluddin dalam sambutannya, menerangkan UU Keterbukaan Informasi Publik No 14 Tahun 2008 secara sah diundangkan pada tahun 2008. Di mana penggunaannya sudah sekitar 15 tahun.

“Pemerintah ini bersih. Pemerintah ini juga terhindar dari pelaksanaan praktik-praktik korupsi. Dan itu yang diharapkan dengan lahirnya undang-undang ini, makna yang dianggap benar-benar untuk memberikan jaminan kepada semua orang dalam memperoleh informasi. Sebab salah satu elemen penting negara terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi,” tegasnya.

Sementara Gubernur Sumut melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr H Agus Tripriyono SE MSi Ak CA mengatakan, UU Keterbukaan Informasi Publik di era digitalisasi saat ini memiliki peran penting. Apalagi mengingat dunia kini sudah bersifat terbuka dalam segala hal.

“Sudah tidak layak sebuah kelembagaan yang bersifat umum ataupun pelayanan publik menutup diri ataupun tidak terbuka,” kata Agus.

Karenanya, ia berharap hal tersebut dapat jadi pedomani bagi seluruh lembaga publik, khususnya di wilayah Sumut.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment