Wakil Bupati Inspektur Upacara HUT RI di Rutan Kelas IIB Humbahas

Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-78 tahun 2023 dan pemberian remisi umum kepada warga binaan pemasyarakatan di Rumah Tahanan Kelas IIB Humbahas, Kamis (17/8/2023)

topmetro.news – Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-78 tahun 2023 dan pemberian remisi umum kepada warga binaan pemasyarakatan di Rumah Tahanan Kelas IIB Humbahas, Kamis (17/8/2023). Komandan Upacara Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Humbahas Tamrin Simamora.

Ikut dalam upacara kemerdekaan itu, Karutan Kelas IIB Humbahas Herry Hasudungan Simatupang, Kepala Bappelitbangda Pahala Lumbangaol, Kadis Sosial Frans Judika Pasaribu, Kabag Hukum Syah Rijal Simamora SH, Kabag Pemerintahan Budi Simamora, Kasi Hukum Polres Humbahas Iptu Marojahan Simanjuntak dan lainnya termasuk ratusan warga binaan pemasyarakatan.

Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yosanna H Laoly yang dibacakan Dr Oloan Paniaran Nababan, dikatakan slogan HUT RI dengan tema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan untuk menghadapi perubahan kondisi pandemi. HUT RI tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Kemerdekaan merupakan momen paling penting dalam perjalanan sebuah bangsa.

Rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan tentu menjadi milik segenap lapisan masyarakat tidak terkecuali terhadap warga binaan pemasyarakatan. Pemerintah memberi apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan displin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat sesuai ketentuan perundang-undangan.

Pemberian remisi bukan semata-mata diberikan secara sukarela oleh pemerintah namun merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan yang telah sunguh-sungguh mengikuti program pembinaan. Bagi warga binaan yang mendapat remisi, untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik dan mematuhi aturan yang berlaku, Program pembinaan merupakan sebuah sarana untuk mendekatkan kepada kehidupan masyarakat.

Karutan Kelas IIB Humbahas Herry H Simatupang menjelaskan jumlah warga binaan per 17 Agustus 2023 sebanyak 325 orang dengan perincian tahanan 9 orang dan narapidana 316 orang. Yang diusulkan remisi 2023 sebanyak 256, narapidana 26 orang sedang menjalani subsider pengganti denda dan 35 orang sedang dalam pengusulan remisi sebelumnya. Yang mendapatkan remisi umum tahun 2023 sebanyak 255 orang dengan perincian remisi umum I sebanyak 227, remisi umum II sebanyak 28 orang. Ada 2 orang narapidana langsung bebas dalam HUT RI ke-78 dan 26 orang menjalani subsider pengganti denda.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment