Bupati Taput Serahkan Bantuan Pendidikan untuk 1.358 Mahasiswa PTN Berprestasi

Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi menyerahkan bantuan pendidikan bersumber Dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan kepada 1.358 mahasiswa/i berprestasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

topmetro.news – Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan MSi menyerahkan bantuan pendidikan bersumber Dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan kepada 1.358 mahasiswa/i berprestasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pemberian bantuan tersebut berlangsung di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat (18/8/2023), sebagai wujud komitmen dan kepedulian Bupati terhadap dunia pendidikan. Sekaligus, mendukung Visi Misi Tapanuli Utara sebagai lumbung SDM berkualitas.

Turut mendampingi, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Taput Tutur PT Simanjuntak SSos MM. Hadir juga Pimpinan Bank Sumut Cabang Tarutung Robby M Sihaloho, Deputi Socap Head PT Toba Pulp Lestari Linggom Dongoran, CSR dan ER Manager Sarulla Operation LTD Melva Samosir, dan Vice President CSR PT Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan terima kasih kepada PT Bank Sumut, PT Toba Pulp Lestari, PT Sarulla Operation LTD, dan PT Inalum yang telah memberi perhatian dan kepeduliannya melalui program CSR ini terhadap pembangunan pendidikan. Bupati berharap program CSR ini dapat lebih ditingkatkan serta ditiru perusahaan lainnya,

“Kemajuan suatu perusahaan yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara harus ada imbasnya untuk kehidupan masyarakat agar bisa merasakan dan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terutama sektor pendidikan, para mahasiswa agar bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia,” ungkap Bupati.

“Saya harap program ini tetap berkelanjutan. Dan saya harap juga bantuan yang diberikan bisa lebih besar lagi demi memajukan kehidupan bangsa, melahirkan penerus bangsa yang berkualitas,” lanjut Bupati dan menyampaikan perlunya dokumentasi wujud transparansi pemerintah.

“Masuk universitas negeri adalah impian saya dari kecil, karena saya tahu kalau masuk universitas negeri bisa dapat beasiswa seperti yang adik-adik terima saat ini. Masuk universitas negeri adalah prestasi parameter pertama bagi saya. Prestasi itulah yang harus kita hargai. Dengan masuk universitas negeri harus belajar keras. Dan untuk mendapatkan beasiswa harus bisa berprestasi dengan meraih IPK yang tinggi di perguruan tinggi negeri,” masih tutur Bupati.

Motivasi

Ia pun menyemangati para mahasiswa agar menjadikan bantuan itu sebagai motivasi untuk giat belajar dan meningkatkan prestasi. “Agar bisa menjalani kuliah dan menuntut ilmu hingga bisa mengapai cita-cita kalian. Tidak semua orang bisa menerima bantuan seperti ini. Karena hanya orang berprestasi yang menerima ini. Maka manfaatkanlah untuk mengukir prestasi setinggi mungkin. Untuk menjadi orang yang berguna bagi Negara Indonesia yang lebih baik lagi,” tutup Bupati.

Sebelumnya, Pimpinan Bank Sumut Cabang Tarutung Robby MC Sihaloho, Deputi Socap Head PT Toba Pulp Lestari Linggom Dongoran, CSR dan ER Manager Sarulla Operation LTD Melva Samosir, dan Vice President CSR PT Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar juga memberikan sambutan.

Perusahaan yang berpartisipasi mengalokasikan CSR untuk bantuan pendidikan bagi mahasiswa/i berprestasi perguruan tinggi negeri (PTN) itu adalah:

  • Bank Sumut mengalokasikan CSR sebesar Rp410.250.000.
  • PT Toba Pulp Lestari Tbk mengalokasikan CSR sebesar Rp150.000.000.
  • Sarulla Operations Ltd mengalokasikan CSR sebesar Rp80.000.000.
  • PT. Inalum (Persero) mengalokasikan CSR sebesar Rp50.000.000.

Bantuan pendidikan diberikan kepada 1.358 mahasiswa sebesar Rp500.000 per orang dengan rincian sebagai berikut: Dari CSR Bank Sumut sebanyak 809 orang, CSR Toba Pulp Lestari Tbk 294, CSR Sarulla Operations Ltd 157, dan CSR PT Inalum (Persero) 98.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment