Bupati Humbahas Teken Mou Bersama DJP dan DJPK, Optimalkan Pemungutan Pajak Pusat dan Daerah

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Dirjen Pajak (DJP) serta Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan tandatangani perjanjian kerjasama/MoU, di Kantor Direktorat Pajak Jalan Jend Gatot Subroto Jaksel, Selasa (22/8/2023).

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Dirjen Pajak (DJP) serta Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan tandatangani perjanjian kerjasama/MoU, di Kantor Direktorat Pajak Jalan Jend Gatot Subroto Jaksel, Selasa (22/8/2023).

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut terkait sinergi optimalisasi pemungutan pajak pusat dan pajak daerah tahun 2023.

Dosmar Banjarnahor SE menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai pelaksanaan kerja sama DJP dengan pemerintah daerah dalam rangka optimalisasi pajak pusat dan daerah.

“Maksud perjanjian kerjasama adalah mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan pajak daerah yang menjadi kewenangan masing-masing pihak dalam bentuk kegiatan bersama. Sebagai bagian dari proses teknis administrasi perpajakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Ia juga menyebut, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan wajib pajak bersama. “Dan pemanfaatan kegiatan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di bidang perpajakan,” paparnya.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu peningkatan pendapatan dari sektor pajak. Sehingga mendorong peningkatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Humbang Hasundutan.

Di sisi lain, Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Dr Luky Alfirman ST MA mengatakan, bahwa pajak merupakan sektor sangat penting untuk menopang pendapatan negara.

“Pemerintah pusat maupun daerah secara bersama-sama melakukan pengawasan terhadap wajib pajak. Ini merupakan langkah awal ikhtar kita dalam meningkatkan penerimaan pajak. Demi menuju Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang,” katanya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan adanya perjanjian itu, ke depannya pemerintah pusat mau pun daerah terus berkomitmen untuk mendukung kerjasama tersebut.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment