Disaksikan Bupati Samosir, Hari Pertama SMI 2023 Suguhkan Kolaborasi Musik Etnik dan Internasional

hari pertama pelaksanaan Samosir Music Internasional 2023 di Open Stage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Jumat (25/8/2023), menyuguhkan penampilan musisi daerah, nasional dan internasional.

topmetro.news – Disaksikan langsung oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST, hari pertama pelaksanaan Samosir Music Internasional 2023 di Open Stage Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Jumat (25/8/2023), menyuguhkan penampilan musisi daerah, nasional dan internasional.

Bupati Samosir didampingi Wakapolres Samosir Kompol ST Panggabean, pimpinan OPD, Camat Simanindo dan pimpinan BUMN/BUMD, hadir di Open Stage Tuktuk Siadong dengan mengendarai mobil listrik Toyota. Kemudian Bupati Samosir meninjau dan membeli produk-produk di stand UMKM yang tersebar di lokasi acara.

Menparekraf dalam sambutannya yang diwakili Staf Khusus Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing Joshua Puji Mulia Simanjuntak menyampaikan selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berdedikasi, sehingga acara ini berjalan dengan baik. Dikatakan bahwa event SMI 2023 merupakan salah satu dari 110 event di Indonesia yang didukung oleh Kharisma Event Nusantara dan menjadi salah satu event unggulan.

“Kami sangat menyambut baik event ini, karena mengangkat budaya lokal. Kita lihat dengan warna musik pop, jazz namun dengan bahasa lokal. Sangat luat biasa sekali,” kata dia.

Kata Joshua, dengan kehadiran musisi internasional dari Austria, Italia dan Malaysia di SMI 2023 ini, tentunya kita tidak hanya merayakan kekayaan musikal dan seni tetapi juga merajut hubungan yang lebih kuat antara pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini merupakan salah satu bagian mengapa adanya Kharisma Event Nusantara, karena kami ingin mendorong event-event akan bertumbuh kembang menjadi event berkelas internasional yang memiliki daya tarik pariwisata,” tambahnya.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa event SMI ini merupakan event yang keenam kalinya, setelah sempat vakum akibat pandemi Covid 19. “Puji syukur, tahun ini kita dapat menggelar kembali Samosir Music International, yang mana merupakan 10 besar dari Kharisma Event Nusantara yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf,” kata Vandiko.

Selain mengutamakan kearifan lokal budaya Batak, even ini juga akan diisi oleh perform dari musisi nasional dan luar negeri seperti dari Austria, Italia dan Malaysia. “Melalui event ini, semoga musik dan pariwisata kita semakin berjaya kedepan dan budaya kita semakin mendunia,” tambahnya.

Tak lupa, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh sponsor yang medukung event SMI 2023, Kemenparekraf RI yang selalu mensupport, dan juga kepada EO Henry Manik.

Di hari pertama konser musik SMI 2023 ini, sejumlah musisi yang tampil diantaranya Alogo Band, Pakpakustik Dairi, MPC Jakarta, Pakpak Instrumental, Hayuara Band, Siou Band, Sitohang Brothers, Tomasso Primo (Italia), dan ditutup oleh penampilan Tongam Sirait & Friends.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment