9 Tahun Percepat Pembangunan Infrastruktur di Taput, Dr Nikson Nababan Raih Apresiasi Tokoh Indonesia

Prestasi gemilang Bupati Nikson Nababan selama dua periode dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas utama mencapai visi di Tapanuli Utara, dapat pengakuan dan penghargaan dari Group Media Tempo.

topmetro.news – Prestasi gemilang Bupati Nikson Nababan selama dua periode dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas utama mencapai visi di Tapanuli Utara, dapat pengakuan dan penghargaan dari Group Media Tempo.

Penyerahan Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia Kategori Percepatan Infrastruktur dari Group Media Tempo yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, Menteri PAN-RB Azwar Anas dan para petinggi Group Media Tempo, berlangsung di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Dalam acara penuh semangat tersebut, Bupati Nikson Nababan diwakili Kadis Kominfo Hendrik Taruna bersama Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan, menjadi salah seorang penerima penghargaan di antara 41 kepala daerah se-Indonesia (gubernur dan walikota/bupati), dengan 8 kategori.

Analisis Berbagai Isu

Direktur Utama Tempo Inti Media Arief Zulkilfi menyampaikan apresiasi para kepala daerah atas prestasi mereka dalam memajukan wilayah masing-masing. Menurutnya, para kepala daerah berhasil mengatasi tantangan-tantangan yang ada.

Arief juga menjelaskan bahwa Tempo menggunakan berbagai isu yang sedang berkembang serta data sekunder untuk menilai pencapaian daerah.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para kepala daerah atas beragam prestasinya dalam menggerakkan kemajuan di wilayah masing-masing. Para kepala daerah ini telah berhasil mengatasi berbagai permasalahan yang sangat spesifik. Tempo memberikan indikator keberhasilan suatu daerah dengan menganalisis berbagai isu yang sedang berkembang. Serta menerapkan berbagai data sekunder sebagai dasar evaluasi dan penilaian,” kata Arief Zulkilfi.

Jaga Keseimbangan

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian menyebutkan, era reformasi telah mengubah cara pandang dari sentralisasi menjadi desentralisasi dalam pemerintahan. Ia juga menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara inovasi atau terobosan dengan ketaatan terhadap peraturan dan aturan yang ada.

Di samping itu, ia juga menekankan bahwa kepala daerah harus memiliki kapasitas untuk bekerja keras dan menciptakan lingkungan politik yang bersaing.

“Era reformasi telah mengubah paradigma sentralisasi menjadi desentralisasi. Titik sentral otonomi daerah dipilih secara langsung oleh rakyat. Yang berarti, siapa pun memiliki kesempatan untuk menjadi kepala daerah. Keseimbangan antara inovasi atau terobosan dengan kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku sangat penting untuk dijaga. Selain itu, kepala daerah harus memiliki kemampuan untuk bekerja keras dan menciptakan iklim politik yang kompetitif,” kata Tito Karnavian.

Bersyukur

Secara terpisah, Bupati Tapanuli Utara Dr Drs Nikson Nababan MSi mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas apresiasi tersebut. Ia kemudian menyebut, akan menjadikan momen itu sebagai motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara.

“Saya merasa sangat terhormat dan bersyukur atas penghargaan apresiasi yang saya terima dalam kategori percepatan infrastruktur. Dalam 9 tahun ini pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan prioritas dalam memerdekakan desa sebagai interkoneksi. Penghargaan ini akan menjadi penyemangat bagi saya untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ucap NIkson Nababan.

Group Media Tempo memberikan 8 kategori apresiasi kepada para 41 kepala daerah, yaitu:

  1. Peningkatan SDM dan pendidikan, 5 KDH
  2. Percepatan infrastruktur, 7 KDH
  3. Pariwisata berkarakter, 5 KDH
  4. Pengembangan digitalisasi, 5 KDH
  5. Pendorong ekonomi kerakyatan, 7 KDH
  6. Pembangunan daerah 3T, 3 KDH
  7. Pejabat kepala daerah inovatif, 5 KDH
  8. Penggerak kemajuan daerah berciri kepulauan, 4 KDH.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment