Julian Sihotang, Putra Wartawan yang Raih Medali Perak di Popnas 2023

Petinju Muda asal Medan, Sumatera Utara, Julian Sihotang, meraih medali perak cabang olahraga tinju pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023, di Palembang, Sumatera Selatan.

topmetro.news – Petinju Muda asal Medan, Sumatera Utara, Julian Sihotang, meraih medali perak cabang olahraga tinju pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023, di Palembang, Sumatera Selatan.

Turun bertanding pada partai final kelas 71 kg di Aula SMK Negeri 2 Palembang, Sabtu malam (1/9/2023), Julian Sihotang bertemu petinju asal Provinsi Lampung, Riko Prayogi. Pertarungan kedua petinju muda ini terlihat cukup seru.

Dari ronde 1 sampai ronde 3 baik Julian maupun Riko kerap terlibat saling melancarkan pukulan. Julian mengandalkan pukulan jab dan stright. Sedangkan Riko dengan pukulan kombinasi stright dan hook.

Setelah menjalani pertarungan tiga ronde, akhirnya wasit memutuskan Riko menang angka dan berhasil meraih medali emas dan Julian medali perak.

Maaf Sumut

Usai pertandingan, Julian yang merupakan adik dari petinju Sumut, Jeremy Sihotang mengungkapkan kesedihannya, karena belum berhasil meraih medali emas Popnas.

“Maaf Sumut, aku belum bisa memberikan medali emas,” ungkapnya sedih.

Julian mengaku telah berusaha maksimal dalam pertandingan itu. Tapi lawannya bermain lebih baik. “Ke depan aku akan lebih giat berlatih, agar bisa memberikan yang terbaik untuk Sumatera Utara,” kata siswa Kelas XII SMA Primbana Medan ini.

Hasil keseluruhan dari final cabor tinju Popnas XVI 2023 Palembang, Tim Sumatera Utara yang mengutus 5 atlet tinju berhasil meraih 2 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Capaian ini membanggakan, karena baru kali ini Sumut berhasil meraih emas selama pagelaran Popnas.

Pada Popnas sebelumnya, Sumut hanya merebut 1 perak dan 1 perunggu di cabor tinju.

Peraih medali emas tinju untuk Sumut adalah Nona Baby Canthika (kelas 57 kg putri). Di final Nona menang angka atas petinju Jawa Tengah Silviana. Sedangkan emas kedua oleh Zahra Khairunnisa Harahap kelas 63 kg putri yang mengalahkan Dira Artika dari Lampung.

Untuk medali perak diraih Julian Sihotang, kelas 71 kg putra di final kalah angka dari Riko Prayogi asal Lampung. Lalu Christian Simanjuntak kelas 75 kg putra kalah angka melawan Muhammad Sahir Abdullah dari DKI Jakarta.

Sedangkan medali perunggu oleh Aldo Saragih kelas 54 kg putra. Di semifinal ia kalah angka melawan Lionel Silalahi dari Kepulauan Riau.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment