DPD RI Kunker ke Kabupaten Humbang Hasundutan

Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Republik Indonesia kunker (kunjungan kerja) ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas),

topmetro.news – Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Republik Indonesia kunker (kunjungan kerja) ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tepatnya ke lokasi food estate di Desa Riaria dan Desa Hutajulu Kecamatan Pollung, Senin (4/9/2023).

Anggota DPD yang hadir, Abdulah Puteh, Marthin Bila, Richard Hamonangan Pasaribu, Badikenita Sitepu, dan Mamberob Yosephus Rumakiek.

Mereka disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE di lokasi food estate Desa Riaria bersama Manajer Food Estate Dr Van Basten Pandjaitan, Wakapolres Humbahas Kompol Briston Agus Muntecarlo Napitupulu, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Kepala BPN Humbahas Khalid Afdillah Handoyo SH, dan para pimpinan OPD Kabupaten Humbahas.

Di hadapan anggota DPD, Van Basten Pandjaitan menjelaskan program lumbung pangan atau food estate sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Ini salah satu strategi pemerintah guna memperkuat produksi pangan.

“Di lahan ini sangat menjanjikan pertanaman bawang merah, kentang, dan jagung. Termasuk tanaman lainnya seperti kubis, kacang kopri, kacang merah, dan lainnya,” katanya.

Setelah banyak berdiskusi tentang perkembangan food estate, rombongan meninjau lahan food estae yang berada di Desa Hutajulu Pollung. Di lokasi food estate Hutajulu, para anggota DPD ikut menanam bibit kubis bersama Bupati Humbahas.

Selanjutnya rombongan DPD menuju Kantor Bupati Humbang Hasundutan di Bukit Inspirasi Doloksangul. Sebagai tanda kehormatan atas kehadirannya di Humbang Hasundutan, Bupati memberikan cendramata berupa Ulos kepada DPD.

Sebelumnya Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama Bupati Toba Poltak Sitorus menyambut baik kehadiran Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toba dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Acara awal kunjungan kerja ini digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Balige, Senin (4/9/2023).

Komite II DPD RI yang hadir ada 17 anggota yang dipimpin Ketua Komite II DPD RI Abdullah Puteh, Badikenita Sitepu (Dapil Sumut) dan Bustami Zainudin. Ada pun anggota lainnya antara lain; Fahira Idris, Eni Sumarni, Andri Prayoga Putra Singkaru, Bambang Santoso, Richard Hamonangan Pasaribu, Zuhri M. Syazali, Amaliah, Marthin Billa, Lalu Suhami, Mamberob Yosephus Rumakiek, Habib Ali Alwi, Lukky Semen, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, dan Angelius Wake Kako.

Komite II DPD RI ini membidangi pertanian dan perkebunan; perhubungan; kelautan dan perikanan; energi dan sumber daya mineral; kehutanan dan lingkungan hidup; pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan daerah tertinggal; perindustrian dan perdagangan; penanaman modal; dan pekerjaan umum.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment