Geger! Pelaku Kawin Tangkap Diamankan Polisi, Dijerat Pasal Penculikan, Apa itu Kawin Tangkap

Pelaku kawin tangkap

TOPMETRO.NEWS – Pelaku kawin tangkap yang terjadi di Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat (NTT) ditangkap.

Pelaku kawin tangkap itu diamankan polisi beberapa saat setelah kejadian. Petugas langsung mengamankan semua pelaku yang diduga terlibat aksi kawin tangkap.

Pelaku kawin tangkap dimaksud diketahui berjumlah 4 orang dan sudah diamankan di Polres Sumba Barat Daya.

BACA PULA | Mengaku Tak Pernah Diundang RDP, Warga Minta Usaha Galian C di Desa Pertumbukan Ditutup

Seperti dilansir dari laman instagram @majeliskopi08 pada Jumat 8 September 2023.

Ikhwal diamankannya pelaku kawin tangkap itu diakui AKBP Sigit Harimbawan, selaku Kapolres Sumba Barat Daya pada Kamis 7 September 2023 malam.

“Semua pelaku berjumlah empat orang, seluruhnya sudah kita amankan,” kata Kapolres didampingi Kapolsek Wewewa Barat, Bernandus Kandi seperti narasi yang tertulis di akun IG itu.

BACA PULA | Robi Minta Pejabat Baru Bergerak Cepat

Menurut Bernandus Kandi pria yang melakoni kawin tangkap itu teridentifikasi bernama Yohanis Bili Tanggu warga Desa Wekura, Kecamatan Wewewa Barat.

Bernandus Kandi menambahkan, sementara wanita yang menjadi korban kawin tangkap itu diketahui bernama Dinansiana Malo, yang berdomisili di Kelurahan Weetabula, Kecamatan Kota Tambolaka.

Bernandus Kandi mengaku antara keduanya tidak memiliki hubungan apapun, termasuk hubungan pacaran.

BACA PULA | Perebutan Piala Ketua TP PKK Taput, Satika Simamora Buka Turnamen Voli dan Sepakbola Antar-OPD

Diketahui, peristiwa dimaksud terjadi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 7 September 2023 siang. Aksi itu dinarasikan sebagai tradisi kawin tangkap atau kawin paksa.

Terekam di kamera video yang sempat viral, seorang wanita yang diketahui sebagai korban sedang berdiri di tepi jalan. Korban berdiri persis di depan sebuah rumah warga yang bercat hijau. Tampak di tangan wanita itu sedang membawa sebuah tas.

Kemudian, para pria itu langsung mengangkutnya (red, menculik) ke atas mobil pick up berwarna hitam yang sudah disiapkan. Lantas, salah seorang wanita yang kebetulan berada dekat posisi korban berupaya menahan para pria itu, tapi upayanya gagal.

BACA PULA | Manfaat Penting Madu Lebah Untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

“Ini kawin paksa, kasihan,” tutur perekam video.

Para pria langsung membawa kabur wanita itu dengan mobil pick up disertai sorakan penuh kegembiraan.

Dari catatan TOPMETRO.NEWS, kawin tangkap sering diidentikkan dengan kawin paksa. Praktiknya, seorang wanita diculik untuk dinikahi. Kasus ini awalnya terjadi di Kampung halaman Magi yaitu Pulau Sumba yang terkenal dengan tradisi kawin tangkap itu.

Reporter | Dpsilalahi

Related posts

Leave a Comment