Bupati Sergai Ajak Masyarakat Jaga Keharmonisan Keragaman Budaya

Bupati Sergai Ajak Masyarakat Jaga Keharmonisan Keragaman Budaya

topmetro.news Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya di dampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Tambunan Kabupaten Sergai adalah salah satu daerah dengan keberagaman masyarakat dan mari kita jaga keharmonisan keragaman tersebut. Meskipun daerah ini terkenal dengan adat budaya Melayu, namun kelompok etnis lain hidup nyaman di sini.

“Baru-baru ini telah diresmikan Kampung Budaya Batak di Dolok Masihul. Dan sebelumnya sudah resmi pula Kampung Budaya Melayu, Banjar, dan Jawa. Keragaman ini harus dilestarikan dan dijaga.”

Hal ini Bupati Sergai sampaikan di hadapan pengurus Dewan Pengurus Cabang Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Sergai yang beraudensi, di ruang kerjanya (19/9/2023).

Bupati Sergai Ajak Masyarakat Jaga Keharmonisan Keragaman Budaya

Nah, dengan kehadiran HMKI di Kabupaten Sergai, patut mendapat apresiasi. Lewat organisasi ini harapannya budaya Karo dengan segala keluhurannya dapat tetap terjaga.

“Selain itu kita berharap HMKI bisa menjadi wadah bagi masyarakat Karo Sergai untuk kemudian berkontribusi bagi pembangunan daerah,” ucapnya.

Selanjutnya di hadapan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sergai, menuturkan Pemilu adalah salah satu momen penting dalam proses demokrasi, dan menjaga keamanan serta netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu adalah tanggung jawab bersama.

“Kami tentu berharap penyelenggaraan pemilu di wilayah kita berlangsung secara kondusif. Kami ingin memastikan bahwa semua warga Sergai dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi ini dengan aman dan nyaman. Untuk itu, kami berharap kerja sama antara Pemkab Sergai, Bawaslu dan semua pihak terkait bisa terjaga dengan baik untuk memastikan pemilu berjalan dengan lancar, adil, dan transparan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati menekankan bahwa Pemkab Sergai bertekad untuk menjaga netralitas ASN selama proses pemilu berlangsung. Menurutnya netralitas ASN sangat penting dalam memastikan bahwa pemilihan berlangsung secara adil dan demokratis.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Sergai Ewin Sahputra Saragih menyampaikan jika kehadiran pihaknya hari ini selain untuk bersilaturahmi juga bermaksud memperkenalkan para pimpinan Bawaslu Sergai yang baru saja dilantik.

“Kami harapkan ke depan jajaran Bawaslu dan Pemkab Sergai dapat bersinergi dalam menjadikan pemilu yang berintegritas di kabupaten ini,” katanya.

Turut hadir Asisten Pemerintahan Umum Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan, SE, para anggota Bawaslu Sergai, Koordinator Sekretariat Bawaslu Bob Sofnel Hayadi, pengurus HMKI Sergai, dan perwakilan OPD terkait.

penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment