BPS Humbahas Laksanakan Pendataan Koperasi dan UMKM

BPS Humbahas melaksanakan kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

topmetro.news – BPS Humbahas melaksanakan kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kegiatan itu berlangsung mulai 15 September hingga 14 Oktober 2023.

Demikian informasi dari Kepala BPS Humbahas Ir Rudy Harlon Harianja, Selasa (19/9/2023), di Doloksanggul.

Ia menjelaskan, pendataan tersebut merupakan kegiatan pendataan unit usaha secara lengkap terhadap seluruh unit usaha koperasi dan UMKM di Indonesia.

Sebagai salah satu sektor yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia, UMKM tidak hanya memberikan kontribusi terhadap PDB (produk domestik bruto) dan penyerapan tenaga kerja. Akan tetapi juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung dan mendorong berkembangnya sektor koperasi dan UMKM adalah dengan melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap seluruh unit usaha di Indonesia. Termasuk koperasi dan UMKM (nonpertanian).

Tujuannya untuk memperoleh data yang akurat, valid, update, dan terpercaya tentang jumlah, karakteristik, distribusi, dan potensi UMKM di Indonesia.

Data tersebut nantinya akan menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan dan program yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat koperasi dan pelaku UMKM.

Rudy Harlon Harianja berharap, warga masyarakat dan pengurus koperasi serta pelaku UMKM di Humbang Hasundutan mau menerima kedatangan petugas BPS. Kemudian memberikan informasi yang jujur dan benar kepada para petugas.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment