Diikuti Puluhan Profesor, Doktor, dan Pengusaha, Batak Center Sumut Gelar Seminar di Tengah Danau Toba

Keluarga Besar Batak Center Wilayah Sumatera Utara menggelar perjalanan wisata budaya, yakni, berlayar dengan kapal pesiar (LAYANAR) mengelilingi Danau Toba.

topmetro.news – Keluarga Besar Batak Center Wilayah Sumut akan menggelar perjalanan wisata budaya, yakni, berlayar dengan kapal pesiar (LAYANAR) mengelilingi Danau Toba.

Rencananya, LAYANAR berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 29-30 September 2023. Pada kegiatan wisata sambil melakukan seminar ini, turut serta 40-an unsur pengurus dan anggota serta Keluarga Batak Center Sumut.

Tujuannya, mendukung percepatan UMKM yang ada di Kawasan Danau Toba. Kemudian juga untuk mendukung upaya pemerintah pusat dan Pemprovsu memajukan Danau Toba sebagai destinasi prioritas di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Batak Center Sumut Prof Dr Robert Sibarani MS didampingi Sekretaris Drs Jekmen Sinulingga MHum kepada media menjelaskan, kegiatan wisata ini akan diupayakan menjadi salah satu role model wisatawan untuk melihat keberagaman geologis, keberagaman hayati, dan keberagaman budaya di kawasan Danau Toba.

“Even berlayar dengan Kapal Pesiar Marulam Taraul Inspirasiku ini kita lakukan untuk menikmati mengelilingi Danau Toba sambil menyinggahi daerah-daerah tertentu. Sambil melakukan seminar dalam rangka pengembangan Kawasan Danau Toba,” tandas Prof Dr Robert Sibarani MS yang juga Ketua Lembaga Penelitian USU itu.

Selain berwisata dan seminar, rombongan juga akan mengadakan pertemuan sekaligus berdialog. Pertemuan ini terlaksana atas Kerjasama Batak Center Sumut dengan beberapa lembaga terkait Danau Toba melalui inisiasi Drs Nelson Lumbangaol selaku Kepala Divisi Komunikasi Publik (Komblik)
BPODT.

Akademisi

Sementara itu Panitia LAYANAR Batak Center Sumut Berliana Purba (Departemen UMKM), kepada wartawan menjelaskan, even wisata keliling Danau Toba ini diikuti puluhan akademisi bergelar profesor dan doktor yang merupakan Keluarga Besar Batak Center Sumut. Di samping itu, ada juga para pengusaha dan pemerhati kebudayaan serta jurnalistik.

Diharapkan kegiatan ini akan berjalan dengan rutin setiap tahunnya dalam rangka menggerakkan percepatan Pembangunan UMKM dan pariwisata di Kawasan Danau Toba.

Pemilik kapal pesiar, Ny Situmorang Boru Sitinjak yang dihubungi wartawan menyebutkan, Kapal Marulam Taraul Inspirasiku sudah beroperasi sejak setahun lalu. Serta sudah banyak membawa rombongan untuk menikmati keindahan Danau Toba termasuk Batak Center Sumut.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment