Lions Club Medan Seruni Berikan Bantuan Pompa Air Bertenaga Solar Bagi Warga Sigaol Simbolon

Lions Club Medan Seruni memberikan bantuan berupa pompa air bersih bertenaga surya (solar cell) bagi warga Dusun I Silintong, Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi.

topmetro.news – Lions Club Medan Seruni memberikan bantuan berupa pompa air bersih bertenaga surya (solar cell) bagi warga Dusun I Silintong, Desa Sigaol Simbolon, Kecamatan Palipi.

Pemberian bantuan tersebut berlangsung dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah pompa air bersih oleh Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM, District Governor Lions Club International 307 – A2 Darma Sakti, Presiden Lions Club Medan Seruni Angelina Anastasia, Camat Palipi Ronal Sinaga.

Berlangsung pada Hari Jumat (29/9/2023).

Hadir para anggota Lions Club, Ketua TP PKK Harta M Sitanggang, Pabung Kodim 0210/TU G Sebayang. Kemudian, Kadis P3AP2KB dr Friska Situmorang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Sosial PMD Augus Karokaro, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Kadis Ketapang Pertanian Tumiur Gultom. Juga, Camat Palipi Ronal Sinaga, Kades Sigaol Simbolon, dan warga Dusun I Silintong, Desa Sigaol Simbolon, serta HIPMI Samosir.

Darma Sakti dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lions Club adalah organisasi pengabdian kepada masyarakat tanpa membedakan unsur agama, ras, maupun politik. “Kami memiliki motto ‘We Serve’. Jadi di mana dibutuhkan di situ Lions Club ada,” katanya.

Darma Sakti berharap bantuan pompa air bersih bertenaga solar bantuan dari Lions Club Medan Seruni ini dapat memberi manfaat bagi warga Sigaol Simbolon. Pihaknya meminta agar warga secara bersama-sama dapat menjaga pompa tersebut.

Presiden Lions Club Medan Seruni Angelina Anastasia juga menyampaikan hal senada. Bantuan sosial ini adalah mengingat bahwa Samosir dan Danau Toba merupakan salah satu dari 5 Daerah Pariwisata Super Prioritas. Namun masih ada temuan anak stunting dengan angka tinggi. Oleh karena itu, pihaknya merasa terdorong untuk memberikan pompa air bersih bertenaga surya (solar cell).

“Kami berharap dengan bantuan ini, dapat menurunkan angka stunting di Desa Sigaol Simbolon khususnya, dan Samosir umumnya,” harapnya.

Target Stunting

Wakil Bupati Drs Martua Sitanggang MM dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Lions Club. “Selamat datang di Kabupaten Samosir untuk Lions Club. Dan terimakasih atas bantuannya kepada kami,” kata Martua.

Martua Sitanggang menjelaskan, bahwa sesuai target nasional, pada tahun 2024, target prevalensi angka stunting di Kabupaten Samosir turun ke angka 14%. Dalam upaya penurunan stunting, menurut Martua ada 2 hal yang paling prioritas, yakni perbaikan sanitasi dan air bersih. Maka bantuan pompa air bersih oleh Lions Club ini akan sangat membantu upaya Pemkab Samosir dalam menurunkan angka stunting.

Kepada masyarakat Sigaol Simbolon, diharapkan bantuan ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan dikelola melalui BUMDes.

“Sekali lagi kami menyampaikan terimakasih kepada Lions Club. Semoga Kabupaten Samosir mendapat tempat di hati Lions Club. Dan ke depan kami berharap mendapatkan bantuan lainnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Martua Sitanggang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment