Jagung Sudah Memberi Hasil, Masyarakat Ucapkan Terimakasih Pada Bupati Humbahas

Panen jagung dari Kelompok Tani Barisan Nauli dari Desa Hutasoit I bersama Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bisa menghasilkan 7 ton per hektar bahkan lebih

topmetro.news – Panen jagung dari Kelompok Tani Barisan Nauli dari Desa Hutasoit I bersama Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bisa menghasilkan 7 ton per hektar bahkan lebih. Hal ini merupakan hasil ubinan Dinas Pertanian pada panen tersebut, Senin (2/10/2023).

Peralihan bertanam masyarakat Humbang Hasundutan dari petani ‘gurem’ menjadi fokus pada bertanam jagung memakan waktu yang cukup lama. Akan tetapi sosialisasi dan kerja keras Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama Dinas Pertanian dan jajarannya tidak sia-sia.

Masyarakat sudah memperoleh hasil dari bertanam jagung yang selama ini belum pernah mereka rasakan. Apalagi dengan harga sekarang yang mencapai Rp5000 per kg, sudah sangat menguntungkan masyarakat.

Ketua Kelompok Tani Barisan Nauli mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE. “Karena berkat arahan dan bimbingannya kepada petani, hasilnya sudah bisa kami rasakan,” katanya.

Pada awalnya peralihan dari bertanam cabai, tomat, dan padi ke jagung memang sulit. Tetapi saat ini secara umum masyarakat sudah banyak yang bertanam jagung. Bertanam jagung selain biaya yang lebih murah, juga merawatnya tidak sulit, tetapi hasilnya sangat menguntungkan.

Pada kesempatan itu, Dosmar Banjarnahor pada rembug bersama poktan bersenda gurau dan bertanya. Apakah dengan bertanam jagung menguntungkan? Hampir serentak menjawab, untung!

Bupati menyampaikan bagaimana sulitnya peralihan sampai masyarakat benar-benar bertanam jagung. Banyak tantangan. Bahkan sampai masyarakat membuli dengan macam-macam. Tapi itu tidak masalah. Yyang penting masyarakat saat ini sudah merasakan hasilnya.

“Dengan kesuburan tanah di Hutasoit II ini, jika benar-benar dikelola dan mengikuti arahan PPL dari Dinas Pertanian, saya yakin bisa mencapai 8 – 9 ton per ha,” katanya.

Usai panen jagung, Bupati bersama rombongan meminjau Jalan Usaha Tani (JUT) Kelompok Tani Parbue Nauli Desa Hutasoit I Kecamatan Lintongnihuta.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment