Bupati Humbahas Tinjau Temuan Piramida Toba di Baktiraja

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Senin (2/10/2023), meninjau temuan Piramida Toba di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, yang baru-baru ini viral di media sosial.

topmetro.news – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Senin (2/10/2023), meninjau temuan Piramida Toba di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Baktiraja, yang baru-baru ini viral di media sosial.

Pada kesempatan itu, Bupati Dosmar Banjarnahor SE memerintahkan Kadis Pariwisata Jakkon Marbun agar memberdayakan segala potensi yang ada guna mengelola Piramida Toba itu. Sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Turut hadir bersama rombongan, Kadis PUTR Anggiat Simanullang, Kadis Pendidikan Jonny Gultom, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol, Kepala Desa Marbun Tonga Rusman Marbun, dan lainnya.

Sebelumnya, profesor riset dari Pusat Riset Kebencanaan Geologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Danny Hilman Natwidjaja mengungkap temuan Piramid Toba yang memiliki tinggi hingga 120 meter.

Ia menjelaskan bahwa bentuknya seperti piramid, meskipun setengah bodi menempel ke bukit lapisan Toba Tuff (batuan berpori hasil abu vulkanik) yang umurnya 74 ribu tahun. Mengenai potensi usianya sama dengan batuannya.

Danny juga menyinggung kemiripannya dengan Situs Gunung Padang, berumur sekitar 10 ribu tahun. Mengenai potensi usianya sama dengan batuannya, 74 ribu tahun, Danny mengaku masih meneliti itu.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment